PLN Pulihkan 100% Listrik Pelanggan Korban Banjir Jakarta

MUS • Tuesday, 23 Feb 2021 - 14:58 WIB

Jakarta - Hujan lebat beberapa hari lalu mengguyur DKI Jakarta dan sekitarnya. Hal ini mengakibatkan banjir di beberapa tempat sejak Jumat kemarin. PLN melalukan gerak cepat memadamkan listrik dengan mengutamakan keselamatan masyarakat. 

PLN sudah mengadakan antisipasi pemadaman listrik dengan menerjunkan 2.300 lebih personil yang tersebar di 34 posko di seluruh wilayah Jakarta maupun perbatasan Bekasi dan Tangerang Selatan. 

Langkah yang diambil PLN untuk percepatan normalikasi listrik adalah dengan berkoordinasi dengan seluruh pihak, contohnya seperti Pemerintah Provinsi, TNI, Polri, serta membuat whatsapp grup dengan RT dan RW. 

"Apabila ada laporan di sana yang biasanya kadang 1 jam rutin diupdate, kalau ada laporan genangan kita langsung terjunkan petugas dari situ di lihat apa genangan ini sudah masuk ke rumah, apabila sudah masuk ke rumah kami menyarankan pelanggan kami untuk segera mematikan peralatan listrik, dan mematikan saklar utama," ujar General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya, Doddy Pangaribuan dalam Trijaya Hot Topik Petang, Senin (22/02/21).

Doddy menambahkan, apabila debit air semakin tinggi maka pihak PLN mematikan listrik dari gardu-gardu yang memasok listrik ke wilayah setempat. 

Pada Jumat (19/02/21) pagi, PLN berhasil memadamkan 146.310 pelanggan, dan senin (22/02/21) sore pukul 16:30 sisa 177 pelanggan yang masih padam. Total 99,8% PLN sudah berhasil menyalakan kembali listrik pelanggan yang terdampak banjir. 

PLN akan terus bekerja keras dan memantau wilayah-wilayah yang terdampak banjir untuk memastikan listrik di wilayah tersebut aman. 

Target PLN kembali menghidupkan listrik setelah surutnya banjir, namun hal itu bisa dilakukan jika gardu setempat tidak mengalami masalah karena banjir. 

Doddy pun menyarankan masyarakat untuk mendownload aplikasi "New PLN Mobile" untuk memberikan informasi yang berhubungan dengan listrik, maka akan segera diberi tanggapan 24 jam oleh PLN. (FAN)