Piala Menpora 2021 Digelar Tanpa Penonton

MUS • Tuesday, 23 Feb 2021 - 15:03 WIB

Jakarta - Polri resmi memberikan izin untuk pelaksanaan turnamen pramusim sepak bola nasional Piala Menpora 2021 yang rencananya bergulir 20 Maret-25 April. 

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyatakan siap menggelar turnamen pramusim tanpa penonton di stadion. 

"Nanti kalau seandainya ada penonton jangan sampe ada yang ngomong kok PSSI bohong, Kemenpora bohong, itu ada penonton, kami meminta mohon dimaklumi di situ yang ada hanya official, pelatih, pemain, media, tim kesehatan, dan petugas keamanan hanya itu saja, bukan penonton yang mereka masuk untuk beli tiket," kata Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S Dewa Broto pada wawancara dengan MNC trijaya FM Jumat (19/02/2021).

Gatot menegaskan, penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 akan menjadi perhatian utama di Piala Menpora 2021. Setiap pemain akan menjalani test PCR sebelum pertandingan dimulai, serta penjagaan ketat yang dilakukan oleh Polri. 

Hal ini sangat penting untuk dilakukan, karena turnamen pra musim ini akan menentukan apakah akan lanjut ke Liga 1 dan Liga 2.

Alasan di balik lamanya Kapolri memberikan izin untuk Piala Menpora 2021 ini karena jika ada pertandingan, maka masyarakat akan melakukan nonton bareng (nobar) dan ini bisa menimbulkan cluster-cluster baru. 

"Nanti polisi juga akan berkordinasi dengan Polsek setempat. Kami juga minta tolong kepada media, dan masyarakat jika menemukan  hal seperti itu (nonton bareng) mohon dilaporkan, dan mereka akan kena sanksi," sambung Gatot. 

Turnamen Piala Menpora 2021 ini akan digelar di empat kota yakni Solo, Malang, Bandung, dan Sleman. Pemilihan kota-kota ini melalui berbagai pertimbangan. Salah satunya karena terletak di Pulau Jawa yang motilitas nya tidak terlalu jauh. Alasan dibalik Jakarta tidak terpilih menjadi tuan rumah Piala Menpora karena penyebaran virus Covid-19 yang masih tinggi. (FAN)