Pemkot Bekasi Resmikan SeeHamster Perahu Pembersih Sungai

AKM • Wednesday, 24 Feb 2021 - 12:46 WIB

Bekasi -  Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional, Pemerintah Kota Bekasi bersama Waste4Change untuk pertama kalinya telah meluncurkan SeeHamster, perahu pembersih sungai buatan Jerman, di Kali Bekasi Bekasi Selatan, Kota Bekasi Jawa Barat pada, Selasa (23/02) lalu.

Pelepasan perahu pembersih sungai pertama di Kali Bekasi ini turut dihadiri oleh Managing Director Waste4Change, Mohamad Bijaksana Junerosano, Wali Kota Bekasi Dr. Rahmat Effendi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Bekasi Yayan Yuliana, Camat Bekasi Selatan Tadjudin, Lurah Pekayon Jaya, Rahmat Jamhari, SE serta dinas terkait.

Hadir melalui Bekasi River Cleanup (BRIC), pengadaan perahu pembersih sungai SeeHamster ini bertujuan mengumpulkan, memilah, dan mendaur ulang sampah dari aliran sungai di Kota Bekasi. 

Pemilihan Kali Bekasi sebagai lokasi pertama pelepasan perahu SeeHamster berdasarkan sambutan hangat Pemerintah Kota Bekasi terhadap usaha-usaha pelestarian lingkungan demi peningkatan kualitas hidup warga Bekasi.

Wali Kota Bekasi, Dr. Rahmat Effendi sangat mengapresiasi apa yang telah diusahakan dan komitmen Waste4Change selama ini terkait penanganan dan penggelolaan sampah yang memang merupakan program prioritas Pemerintah Kota Bekasi.

“Kerjasama pembersihan sampah sungai Bekasi menggunakan perahu ini akan disertai pendampingan secara sistemik sekitar satu tahun. Dengan 3 kapal ini saya optimis bisa membersihkan sampah secara efektif di sungai Bekasi," tutur Rahmat Effendi.

"Namun yang tidak bisa kami kendalikan adalah kondisi sungai di hulu. Hal ini dikarenakan sampah di sungai Bekasi tidak semua berasal dari warga Bekasi, maka kami mengajak seluruh elemen mengambil peran untuk ikut serta menjaga sungai Bekasi dari hulu sampai hilir,” ungkap Rahmat Effendi.

Peluncuran dan uji coba perahu pembersih sungai SeeHamster yang dilaksanakan secara simbolis oleh Wali Kota Bekasi pada Selasa pagi, (23 Februari 2021) melalui peresmian satu dari tiga perahu SeeHamster yang akan dioperasikan dalam pembersihan sampah di seluruh Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Bekasi. 

Keberadaan perahu-perahu SeeHamster yang memiliki kapasitas pengumpulan 50 - 100 kg sampah per hari, nantinya diharapkan dapat mengurangi jumlah timbulan sampah di sungai. Selain bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bekasi, program ini juga turut menggandeng pihak-pihak yang berkompeten, yaitu Schwarz Group, One Earth One Ocean (OEOO), Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Bekasi, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA), serta Pasukan Katak.

“Saat ini Waste4Change sedang fokus mengembangkan jasa untuk mengelola sampah lebih banyak lagi dan melakukan pendekatan ke beberapa kota serta kabupaten yang terbuka untuk bekerjasama dalam membersihkan sampah seperti Pemkot Bekasi," papar Juno sapaan akrab Founder dan Managing Director Waste4Change ini.

"Semoga bentuk kerjasama ini dapat menjadi pemantik untuk membersihkan sungai-sungai Indonesia lainnya agar tidak berkontribusi lebih banyak terhadap krisis marine debris yang saat ini kita alami,” tutup Mohamad Bijaksana Junerosano.