Walikota Surabaya Isyaratkan Kegiatan Berkesenian Aktif Kembali

MUS • Monday, 1 Mar 2021 - 10:28 WIB

Surabaya - Walikota Surabaya Ery Cahyadi mengisyaratkan kegiatan berkesenian di Surabaya akan segera aktif kembali, seiring rencana peresmian alun-alun Surabaya. Aktifnya kembali dunia kesenian di Surabaya juga akan menjadi jawaban akan keresahan para seniman yang hampir setahun mati suri.

"Saya ingin setelah peresmian Alun - Alun Surabaya ada kegiatannya, baik di dalam gedung atau di luar," ujar Ery Cahyadi di Balai Kota Surabaya.

Keingingin Ery tersebut juga dilandasi atas kondisi para seniman di Surabaya. Saat kampanye, Ery banyak mendengarkan keluhan para seniman. Mereka kehilangan pekerjaan, banyak harta benda yang dijual. Mereka berpesan kepada saya agar setelah menjabat nasib mereka diperhatikan.

"Saya banyak mendengarkan tentang kondisi mereka. Karenanya saya ingin mereka bisa kembali tampil dan mendapatkan bayaran dari Pemkot Surabaya untuk menghibur warga Surabaya," lanjut pejabat yang dikenal sebagai anak emas Risma sewaktu menjadi Walikota Surabaya.

Namun demikian, Ery menegaskan akan menjalin komunikasi dengan tim satgas covid 19. Kajian dan juga evaluasi akan menjadi acuannya agar kegiatan berkesenian di alun-alun Surabaya aman dari covid.

"Tentunya harus ada masukan dan pertimbangan dari tim satgas covid. Jangan sampe keinginan yang baik tersebut menjadi mudhorot," lanjut Ery.

Walikota Surabaya tersebut juga minta kesadaran masyarakat untuk bisa bekerja sama dalam menyukseskan kegiatan berkesenian di Surabaya. Mereka diminta tidak bergerombol atau berkerumun dalam melihat pertunjukan. Nantinya akan di atur agar mereka bisa melihat secara bergantian.

"Saya berharap masyarakat bisa mendukung kesuksesan kegiatan seni di alun-alun Surabaya. Nanti akan kita atur agar mereka tidak bergerombol dan menyaksikan pertunjukan secara bergantian. Nanti akan kita bahas dengan pihak yang terkait," ujar Ery Cahyadi

Rencana Walikota Surabaya menghidupkan kembali aktivitas kesenian disambut suka cita oleh para seniman. Adji Bedjo seniman ludruk Surabaya mengaku bahagia dengan  kabar tersebut. Ia ingin agar hal tersebut benar bisa terlaksana dan bukan sekedar wacana saja. Saat ini seniman di Surabaya butuh wadah dan tempat untuk bisa tampil dan tidak bisa mengandalkan sarana online untuk tampilan nya.

"Jujur saya senang dengan kabar ini mas. Namun jangan sampai ini sebatas wacana saja. Seniman Surabaya sudah lama merindukan untuk bisa tampil dan menghibur, apalagi ditempat baru alun-alun Surabaya. Suatu kehormatan. Moho doanya saja mas. Smg lancar semuanya," tutur Adji Bedjo yang tergabung di Paguyupan  Ludruk Muda Surabaya. (Her)