Wartawan Salah Satu Ujung Tombak Edukasi Covid-19

ANP • Monday, 1 Mar 2021 - 11:48 WIB

JAKARTA – Salah satu ujung tombak dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terkait Covid-19 adalah wartawan. Karena melalui liputan hingga tulisannya, maka jurnalis dapat mempengaruhi perilaku masyarakat, untuk menjaga kesehatan agar terhindari dari Covid-19.

“Tulisan wartawan ibarat pisau bermata dua, jika tak sesuai fakta, maka justru akan berbahaya,” kata CEO RS Premier Bintaro dr. Martha Siahaan, MARS pada media gathering Ramsay Sime Darby Health Care Indonesia bertema Update Perkembangan Covid-19 yang digelar secara virtual, Kamis (25/2/2021).

Untuk itu, menurut dr Martha, wartawan perlu mendapatkan bekal pemahaman yang baik tentang Covid-19 langsung dari sumbernya. Hal ini penting agar tulisan-tulisan yang dihasilkan wartawan bersifat informatif, edukatif dan sesuai dengan fakta.

dr Martha menjelaskan, tulisan yang benar dari wartawan dapat menjadi oase yang menyejukkan di tengah gemburan berita bohong (hoaks), yang menyebar melalui media sosial. Menurutnya, berita-berita yang berifat hoaks, sangat meresahkan dan membuat masyarakat menjadi ketakutan.

“Atau malah sebaliknya, masyarakat menjadi tidak peduli terhadap bahaya Covid-19 karena termakan berita hoaks,” tambahnya.

Pada momen Hari Pers Nasional (HPN) 2021, Ramsay Sime Darby Health Care Indonesia sengaja menghadirkan sejumlah dokter yang berkompeten untuk memberikan pengetahuan, wawasan dan pemahaman terkait Covid-19 kepada insan media. Narasumber yang kompeten tersebut adalah Prof. Dr Menaldi Rasmin, Sp.P (K) dari RS Premier Jatinegara, Prof Dr Yusak Nugraha, Sp PK dari RS Premier Surabaya dan Dr TB Rahmat Sentika, Sp A. MARS dari RS Premier Bintaro.

Tiga rumah sakit Premier diakui dr Martha, selama ini telah ikut ambil bagian menangani pasien Covid-19.

“Saya berharap kita bisa segera keluar dari situasi pandemi Covid-19 ini agar kita bisa segera memperbaiki kondisi kesehatan, sosial, ekonomi dan juga pendidikan,” tegas dr Martha.

Dalam peringatan HPN 2021, Ramsay Sime Darby Health Care Indonesia juga memberikan harga khusus bagi kalangan media dan keluarganya. Paket harga khusus tersebut merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR), Ramsay Sime Darby Health Care Indonesia.

Paket yang berlaku 1 Maret – 31 Desember 2021, meliputi potongan harga pemeriksaan MRI & MSCT sebesar 20%, potongan harga kamar rawat inap sebesar 20%, potongan harga pemeriksaan laboratory sebesar 20%, potongan harga MCU paket Reguler sebesar 15% dan harga Khusus PCR Swab Rp900.000 dengan hasil 1 hari.

Penanganan Covid-19

Prof. dr. Menaldi Rasmin, dari RS Premier Jatinegara, pada kesempatan tersebut membahas tentang Covid-19 dan Vaksinasi berupa klasifikasi derajat berat penyakit mild, moderate, severe disease, clinical deterioration dan critical disease pada Covid-19, dan bagaimana tata laksana penanganannya hingga bagaimana peranan vaksin dalam memerangi Covid-19.

Selanjutnya di kesempatan yang sama Prof. DR. dr. Jusak Nugraha dari RS Premier Surabaya mengulas tentang  The Importance of Laboratory Diagnosis for Covid-19 Screening and Testing.

Prof Jusak menjelaskan mengenai empat protokol lab yaitu skrining, diagnosis, pemantauan dan surveilens. Dengan kesimpulan terhadap pentingnya melakukan tes yang tepat, pada pasien yang tepat, ditempat dan waktu yang tepat.

Terakhir adalah DR. dr. Tubagus Rachmat Sentika dari RS Premier Bintaro dan KOMDA KIPI Banten mengulas pentingnya kewaspadaan dini Covid-19 di kluster keluarga dan vaksinasi.

Dr. Rachmat menambahkan, perihal adaptasi kebiasaan baru dikeluarga, bagaimana potensi masalah pada protokol kesehatan, prinsip pencegahan Covid-19 pada anak, dampak dan juga efektifitas vaksin.

Sebagai salah satu penyedia layanan kesehatan di Indonesia, Ramsay Sime Darby Health Care Indonesia hadir dengan pelayanan yang komprehensif berstadart internasional. Ramsay Sime Darby Health Care Indonesia merupakan bagian dari Ramsay Health Care Group Australia yang memiliki lebih dari 220 rumah sakit yang tersebar di Australia, Asia dan Eropa.

Saat ini rumah sakit di bawah Ramsay Sime Darby Health Care Indonesia yakni RS Premiere Bintaro, RS Premiere Jatinegara, RS Premiere Surabaya, telah memiliki layanan penanganan pasien Covid-19 yang tepat, mulai dari tes diagnostik, perawatan dan pengobatan. (ANP)