Sudirman Said: Sistem Politik Indonesia seperti Ladang Pembantaian bagi Orang Baik

MUS • Monday, 1 Mar 2021 - 14:04 WIB

Jakarta - Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK pada Jumat 26 februari 2021 sekitar jam 23.00 WITA, bersama 5 orang lainnya.

Menanggapi hal ini, pendiri Masyarakat Transparansi Indonesia sekaligus mantan Menteri ESDM, Sudirman Said mengatakan, sistem politik di Indonesia layaknya ladang pembantaian bagi politikus yang bersih.

“Saya mengatakan sistem politik kita layaknya killing field bagi orang-orang yang bersih. Mereka kadang mau tidak mau harus terjebak dalam praktek seperti itu (korupsi-red),” ujar Sudirman dalam Trijaya Hot Topic pagi edisi Senin, (1/3/2021).

Karena itu Sudirman menekankan pentingnya perombakan besar-besaran terhadap sistem politik Indonesia agar tidak terjadi lingkaran ‘setan’, yang membuat figur baik susah masuk, sedangkan figur baik yang sudah masuk akhirnya terjebak dalam praktek korupsi.

“Kita punya PR (pekerjaan rumah) besar. Jika negara ini mau baik, maka temukan cara bagaimana agar orang orang bersih itu bisa survive di dalam sistem politik kita,” tutup Sudirman. (Kuh)