GeNose C19 UGM Resmi Didistribusikan ke Masyarakat

MUS • Monday, 1 Mar 2021 - 20:09 WIB

Yogya - Sebanyak 2.021 unit GeNose C19 akan didistribusikan kepada pengguna melalui lima perusahaan distributor pada bulan Maret ini. Rektor UGM, Prof. Panut Mulyono, berharap Indonesia dapat mempercepat dan memperluas jangkauan skrining COVID-19 dengan didistribusikannya GeNose C19. 

“Kami berharap seluruh pihak terus mendukung terlaksananya akselerasi penghiliran produk inovasi GeNose C19 ini sehingga dapat segera membantu mengatasi permasalahan bangsa dalam pelaksanaan mitigasi dan percepatan proses penanganan pasien COVID-19 di Indonesia,” ujar Panut. 

Kelima distributor resmi GeNose C19 tersebut adalahi PT. Graha Rekayasa Utama, PT. Global Systech Medika, PT. Sigma Andalan Nusa, PT. Dunia Kecantikan Indonesia, dan PT. Indofarma Global Medika. 

GeNose C19 hadir untuk membantu mengatasi permasalahan dalam pelaksanaan mitigasi dan percepatan proses penanganan pasien COVID-19 di Indonesia.

Salah satu penemu GeNose C19, Dian K. Nurputra, menerangkan bahwa saat ini, GeNose C19 sudah diinspeksi kembali oleh Kementerian Kesehatan dan mendapatkan pengakuan cara uji klinis yang baik dari Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan. 

Tingkat akurasi GeNose C19 berkisar antara 93-95%. Dian menjelaskan, untuk pasien yang tidak bergejala, akurasi GeNose C19 mencapai 93%. Alat skrining virus SARS-CoV-2 ini juga telah resmi diakui oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana serta PT. Kereta Api Indonesia. 

“Kini, kami sedang dalam proses uji validasi eksternal,” tambah Dian. Validasi eksternal itu dilakukan oleh Balitbangkes Kemenkes, Universitas Andalas, dan Universitas Indonesia. (Ron)