Lagi, 10 Juta Dosis Vaksin Sinovac tiba di Indonesia Siang ini

MUS • Tuesday, 2 Mar 2021 - 10:41 WIB

Jakarta - Indonesia kembali mendatangkan 10 juta dosis vaksin Covid-19 dalam bentuk bahan baku dan vaksin jadi. Vaksin itu diperkirakan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 12.00 WIB. Sekretaris Perusahaan PT Bio Farma (Persero) Bambang Heriyanto mengatakan, impor tahap kelima tersebut masih bersumber dari produsen yang sama, Sinovac Life Sciences Co. Ltd.

"Masih Sinovac, bahan baku, ini nanti bahan baku terus 3 juta aja yang produk jadi untuk tenaga kesehatan, jumlahnya 10 juta dosis," ujar Bambang kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (2/3/2021). 

Sama seperti tahap-tahap sebelumnya, kata Bambang, usai kegiatan bongkar muat, vaksin langsung dikirim ke fasilitas Bio Farma di Bandung, Jawa Barat. Secara teknis pengemasan untuk keberangkatan tidak ada perubahaan dimana, vaksin diamankan dengan envirotainer yang diangkut menggunakan truk.

"Di dalam truk pun tersedia cool room dengan suhu 2-8 derajat celcius. Ruangan tersebut telah disterilisasi dan disiapkan khusus untuk menyimpan vaksin Covid-19," katanya. Mengintip Pabrik Rapid Test Kimia Farma di Bali Sebelumnya, Indonesia sudah menerima 11 juta vaksin Sinovac. Vaksin itu terdiri atas 10 juta bahan baku dan 1 juta overfill vaksin atau setengah jadi.