Puluhan Terduga Teroris Diamankan Densus 88 Antiteror di Jatim

MUS • Wednesday, 3 Mar 2021 - 10:08 WIB

Surabaya - Langkah Densus 88 menggelar operasi perburuan teroris selama 2 hari di Jawa Timur mendapatkan hasil yang mengejutkan. Sebanyak 20 terduga teroris berhasil ditangkap, delapan di antaranya diringkus pada hari ke-2 operasi di Bojonegoro, Surabaya dan Malang

Kabid Humas Polda Jatim Kombespol Gatot Repli Handoko menyampaikan, Polda Jatim telah mendapatkan informasi dari Densus 88  Antiteror bahwa Densus telah melakukan penangkapan terduga teroris dibeberapa wilayah di Jawa Timur, seperti di Surabaya, Malang,  dan Bojonegoro.

"Saat ini yang ditangkap berstatus terduga teroris. Semua masih dalam pengembangan Densus 88 Antiteror," ujar Kombespol Gatot Repli Handoko.

Delapan orang terduga teroris yang ditangkap kemarin diantaranya 2 ditangkap di kawasan Kenjeran Surabaya, 2 di Malang dan 4 di Bojonegoro. Selain menangkap juga dilakukan penggeledahan dan penyitaan barang milik terduga teroris. Sejauh ini Polda Jatim belum bisa memberikan keterangan terkait barang apa saja yang didapatkan dari tempat tinggal para terduga teroris.

"Semua masih dalam proses penindakan dan pengembangan kasus dari penangkapan sebelumnya " lanjut  Kabidhumas Polda Jatim tersebut .

Sebelumnya, Densus 88 Antiteror telah mengamankan 12 terduga teroris yang ditangkap di Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto dan Malang. Dalam keterangan yang disampaikan Mabes Polri, para terduga teroris dari Jawa Timur tersebut telah mempersiapkan aksinya dengan menyiapkan bunker untuk perakitan bom.

Selain itu para terduga teroris di Jawa Timur berafiliasi ke kelompok Al Qaeda dan juga mempunya kaitan dengan jaringan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang dipimpin Upik Lawanga. (Her)