Virus Corona Inggris Masuk Tanah Air, BIN : Perketat Akses Masuk WNA dan Penerbangan dari Luar Negeri

MUS • Wednesday, 3 Mar 2021 - 12:19 WIB

Jakarta - Varian virus corona baru B177 atau biasa disebut virus corona Inggris sudah terdeteksi di tanah air. Deputi VII Badan Intelijen Negara (BIN), Wawan Purwanto, mengatakan temuan dua kasus mutasi virus B177 ini didapat dari pemeriksaan 462 spesimen beberapa bulan terakhir

“Setelah ditemukannya dua kasus mutasi ini, maka kedepan diperlukan riset lanjutan untuk mencari model penanganan lebih efektif. Karena berarti mutasi virus B177 telah berada di sekitar kita,” kata Wawan dalam program Trijaya Hot Topic pagi, Rabu (3/3/2021).

Wawan menuturkan, negara-negara tetangga di Indonesia sudah lebih dulu kedatangan varian baru virus corona ini. Sehingga pemerintah harus segera melakukan pengetatan masuknya Warga Negara Asing (WNA) dan penerbangan internasional, sebagai upaya antisipasi agar virus ini tidak menyebar liar.

“Upaya yang bisa dilakukan pemerintah sebagai antisipasi penyebaran virus mutasi ini adalah memperketat masuknya warga negara asing dan juga pembatasan penerbangan internasional, terutama dari Inggris," ujar Wawan.

Ia juga menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan sebagai upaya melawan virus varian terbaru ini. (Kuh)