Mutasi Baru Virus Corona Masuk Tanah Air, Siti Nadia: Terdeteksi saat Screening Perjalanan

MUS • Wednesday, 3 Mar 2021 - 14:42 WIB

Jakarta – Varian baru virus corona jenis B177 telah masuk ke Indonesia. Direktur pencegahan dan pengendalian penyakit menular Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan, salah satu laboratorium yang melakukan whole genome sequence terhadap virus covid mendeteksi varian baru virus tersebut dalam dua kasus.

“Varian baru virus corona yaitu B177 dilaporkan terdeteksi dalam dua kasus dari dua orang yang berbeda, bukan satu keluarga. Kasusnya kita deteksi saat melakukan screening perjalanan kepada dua orang tersebut, dimana salah satunya sehabis melakukan perjalanan dari Arab Saudi,” tutur Nadia dalam program Trijaya Hot Topic pagi, edisi Rabu, (03/03/2021).

Menurut Nadia, setiap virus akan selalu bermutasi. Tapi surveilans system atau pencegahan dan pengendalian penyakit sedini mungkin, bisa menjadi senjata jitu untuk menghalau ganasnya mutasi virus. 

“Survelians penting dilakukan agar obat atau tetap efektif melakukan intervensi terhadap virus yang bermutasi sekalipun,” tutup Nadia. (Kuh)