Respon Pemprov Jabar atas Kasus Virus Corona B117

MUS • Friday, 5 Mar 2021 - 06:58 WIB
Okezone

Jakarta - Virus corona varian baru B117 menjangkiti dua warga Karawang Jawa Barat, usai bepergian dari luar negeri. Saat ini, tim Satgas Covid telah melakukan pelacakan terhadap pihak keluarga. Pemerintah Provinsi Jabar langsung menindaklanjuti kasus tersebut.

"Sekarang sudah ditindaklanjuti tentang orang yang kena dari Timur Tengah dengan memakai pesawat Qatar Airways. Beliau sebelum datang ke Karawang sudah diisolasi oleh imigrasi Jakarta, jadi saat datang ke Karawang sudah negatif," ujar Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum kepada Radio MNC Trijaya, dalam program Trijaya Hot Topic Pagi, Kamis (4/3/2021).

Uu mengatakan, Jabar sudah siap jika ada yang terpapar virus corona varian baru ini. Pemprov Jabar akan memeriksa orang-orang yang melakukan kontak dengan dua orang tersebut. Setidaknya ada 30 kontak erat yang akan dites.

Wagub Uu juga mengimbau khususnya masyarakat Jabar untuk tidak mengabaikan virus corona, serta tetap menerapkan pola hidup bersih, sehat, serta 5M.

"Pelaksanaan vaksinasi harus disambut baik oleh masyarakat. Bukan malah disebarkan ada dampak negatif, yang padahal tidak. Saya dua kali divaksin. Pak Jokowi, Pak Gubernur juga, tetapi tidak ada gejala dan salah satu cara memutus mata rantai itu, dengan adanya vaksin ini," kata Uu.

Dia juga meminta agar publik jangan khawatir berlebihan, namun juga tidak mengurangi kewaspadaan. Karena respon berlebihan, bisa memicu kenaikan harga banyak komoditas seperti yang terjadi di awal pandemi. (FAN)