Dinas Pariwisata DIY Luncurkan Calender of Event 2021

MUS • Friday, 5 Mar 2021 - 18:52 WIB

Yogya - Dinas Pariwisata DIY resmi meluncurkan Calender of Event (CoE) 2021 dan diperkenalkan kepada khalayak luas guna memperkenalkan kegiatan  pariwisata dan budaya DIY.

Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman) dan peningkatan branding pariwisata DIY.

Di samping itu, CoE diharapkan mampu mensinergikan penyelenggaraan event di Provinsi dengan Kabupaten/Kota serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemda DIY.

Tercatat sebanyak 71 event budaya dan pariwisata akan diselenggarakan di DIY pada tahun 2021. Event tersebut terbagi ke dalam 8 kategori event dan terpilih 34 ikonik event yang mengedepankan dan mengunggulkan agenda budaya serta pariwisata bertaraf nasional maupun internasional.

"Bersama-sama untuk bangkit, kami menyampaikan apresiasi kepada Pemda DIY yang menghadirkan CoE 2021. Kami mendukung dengan adaptasi protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, event harus bergerak karena itu menggerakan ekonomi serta membuka lapangan pekerjaan sebesar-besarnya," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutannya secara virtual

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X menyambut baik dan mendukung sepenuhnya kegiatan peluncuran CoE 2021 yang diinisiasi Pemda DIY, Pemerintah Kabupaten/Kota se-DIY, Badan Otorita Borobudur (BOB) serta komunitas penggiat pariwisata.

Menurut Sri Paduka, kolaborasi lintas lintas instansi sangat dibutuhkan untuk akselerasi pemulihan sektor pariwisata dalam situasi adaptasi kebiasaan baru.

“Ada perubahan preferensi wisatawan pada fase new normal dimana wisatawan lebih mengutamakan faktor higienitas baik pada akomodasi, tempat wisata dan amenitasnya," tandas Wagub.

 “Terlebih bila sektor kesehatan melalui program vaksinasi dapat terus menekan persebaran virus Korona, kita akan mendapatkan sukses ganda, ekonomi pulih, rakyat sehat dan selamat dengan meneruskan karya-karya dalam pembangunan," tuturny.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Rahardjo mengutarakan bahwa hadirnya CoE DIY 2021 ini diharapkan dapat mencapai visi Pemda DIY sebagai pusat pendidikan, budaya, dan daerah tujuan wisata terkemuka di Asia Tenggara dalam lingkungan masyarakat yang maju, mandiri dan sejahtera pada 2025. (Ron)