Bencana Hujan Meteor dalam Greenland

MUS • Tuesday, 9 Mar 2021 - 10:09 WIB

Genre: Action, drama
Sutradara: Ric Roman Waugh (Angel Has Fallen) 
Pemeran: Gerard Butler, Morena Baccarin
Durasi: 2 jam
Mulai tayang di bioskop Cinema XXI: 10 Maret 2021

Fenomena alam akan terjadi di bumi dengan jatuhnya komet bernama Clark. Publik menantikan tontonan unik ini. Sayangnya, pemerintah menutup-nutupi sebagian informasi. Clark ternyata tidak jatuh sekali di satu tempat, namun terpecah-pecah, jatuh di berbagai tempat, bagai hujan komet dalam rentang beberapa hari. Karena kepunahan umat manusia dipastikan terjadi: kebakaran dahsyat, gempa bumi, dan tsunami yang sangat mengerikan, maka misi penyelamatan hanya bisa dilakukan untuk sebagian orang saja.

Bagai undian lotere, beberapa orang terpilih untuk diselamatkan ke wilayah pengungsian yang aman di Greenland, di utara Kanada. Mayoritas penduduk dipastikan mati dalam bencana alam ini.

Salah satu keluarga terpilih adalah John Garrity (Gerard Butler) beserta istrinya Allison (Morena Baccarin), dan putranya Nathan melakukan perjalanan yang berbahaya menuju satu-satunya harapan mereka untuk tempat perlindungan. Dalam perjalanan tersebut, insting manusia pun menjadi dominan.

Upaya untuk bertahan, cepat panik, bertindak emosional, memenangkan perebutan, egoisme, melakukan berbagai cara demi mempertahankan keselamatan diri dan keluarga, digambarkan secara dramatis dalam "Greenland".

Tentu tidak semua manusia akan selamat. Apakah keluarga John Garrity bisa melalui semua ini bersama-sama? Kenapa mereka bisa terpilih dalam penyelamatan?

Jawabannya akan diketahui dalam film bencana dengan audio visual meyakinkan, yang sangat seru disaksikan di bioskop. Suara menggelegar saat komet menghujam bumi dan visual bencana mengerikan tidak bisa tergantikan saat ditonton selain layar lebar.

Saat penayangan spesial "Greenland" di Cinema XXI Kota Kasablanka Jakarta, Sabtu (6/3/2021), Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ) ikut meramaikan acara dengan penjelasan tentang peristiwa jatuhnya benda langit. Ketua HAAJ Ananda Reza menanggapi apakah manusia bisa selamat jika komet menyerang bumi dan menyebabkan bencana.

"Dilihat dari kehidupan manusia, jika hujan meteor yang memusnahkan dinosaurus, sepertinya kita tidak akan selamat. Kalau terjadi seperti dinosaurus punah, kita tidak ada harapan," kata Ananda.

Namun, peristiwa parah seperti di film dipastikan dan sudah terdeteksi tidak akan terjadi dalam ribuan tahun mendatang. "Tabrakan asteroid bisa dihitung massa dan kecepatan, untuk menghitung kerusakannya.

Teknologinya sebenarnya bisa dengan teleskop rumah, atau yang di planetarium atau observatorium. Untuk asteroid bermassa besar, kita tidak perlu kuatir. Bisa dipastikan tidak akan ada benda dengan massa besar seperti yang di film-film, yang akan merusak separah itu," jelas staf HAAJ Jihan Nabila.

Dramatisasi peristiwa jatuhnya benda langit, keseruan khas film bencana, ekspresi ketegangan Gerard Butler, dan kisah relasi keluarga dikombinasikan dalam "Greenland", yang bisa disaksikan di bioskop Cinema XXI mulai Rabu 10 Maret 2021. (MAR)