Tingkatkan Pelayanan, PT KAI Daop 6 Yogyakarta Sediakan Tambahan Perjalanan Kereta Api

MUS • Tuesday, 9 Mar 2021 - 14:38 WIB

Yogya - PT Kereta Api Indonesia Daop 6 Yogyakarta kembali mengoperasikan beberapa KA favorit masyarakat untuk melayani kebutuhan pelanggan KA yang akan bepergian ke berbagai kota tujuan, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Beberapa KA unggulan Daop 6 Yogyakarta yang akan kembali dijalankan antara lain KA Taksaka (Yogyakarta-Gambir), KA Argo Lawu Fakultatif (Solobalapan-Gambir), KA Senja Utama Yogyakarta (Yogyakarta-Pasar Senen), KA Senja Utama Solo (Solobalapan-Pasar Senen), KA Progo (Lempuyangan-Pasar Senen), KA Sancaka (Yogyakarta-Surabaya Gubeng), dan KA Mutiara Timur (Yogyakarta-Ketapang),” kata Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto. 

Pada perjalananya, beberapa KA tersebut untuk sementara hanya beroperasi pada tanggal-tanggal tertentu sambil dilakukan evaluasi mengikuti perkembangan.

“Untuk jadwal perjalanan serta tiket KA tersebut, calon penumpang dapat melihat dan langsung memesan tiket melalui aplikasi KAI Access,” ujar Supriyanto 

Untuk penjualan tiket, KAI masih menerapkan penjualan tiket maksimal 70% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia. Selain itu, setiap individu yang melaksanakan perjalanan dengan kereta api, tetap wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, jaga jarak, mencuci tangan.

Secara umum seluruh penumpang kereta api diharuskan dalam kondisi sehat, memiliki suhu tubuh maksimal 37,3 derajat celsius, dan dihimbau memakai pakaian lengan panjang atau jaket. Sesuai dengan SE Kemenhub No 20 Tahun 2021, pelanggan Kereta Api Jarak Jauh juga diwajibkan menunjukan surat keterangan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

KAI Daop 6 Yogyakarta menyiapkan lokasi pemeriksaan Rapid-test antigen khusus pelanggan KA jarak jauh di stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Klaten, Purwosari dan Solobalapan dengan tarif Rp 105.000. Sedangkan pemeriksaan GeNose disediakan di stasiun Yogyakarta dan Solobalapan dengan tarif Rp. 20.000. (Ron)