Amanah Airlangga dalam Rapimnas: Jalan Terus, Golkar Institute: Siap Dilanjutkan!

ANP • Tuesday, 9 Mar 2021 - 22:23 WIB

JAKARTA - Ketua Golkar Institut, TB Ace Hasan Sadzili menyatakan kesiapannya untuk melanjutkan program Golkar Institute sebagaimana amanah Rapimnas Partai Golkar 2021. 

"Insya Allah bulan depan kita akan menyelenggarakan executive education for young political leaders. Kursus ini akan dibuka untuk untuk umum dengan persyaratan dan proses seleksi yang ketat. Ini merupakan bagian dari pendidikan politik agar kita memiliki kader yang tangguh dan memiliki kemampuan dalam berorganisasi dalam Pemerintahan, "ungkap TB Ace. 

"Untuk program studi S2, rencananya pertengahan tahun ini akan dibuka. Saat ini sedang dalam proses perizinan pembukaan program studinya," imbuhnya. 

Untuk program Pascasarjana, bidang Kebijakan Publik, Golkar Institute akan mendapat asistensi dari beberapa akademisi dari Lee Kwan Yew School of Public Policy. Namun  dalam penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan  sendiri oleh Golkar Institute. 

"Masyarakat nanti bisa mengikuti melalui website kami dan terbuka untuk umum, " ujarnya. 

Golkar Institute merupakan institusi pendidikan partai yang fokus pada bidang Pemerintahan dan kebijakan publik dengan menekankan keahlian pada tiga pilar: politik, ekonomi dan kepemimpinan. 

Program yang dilaksanakan Golkar Institute antara lain kursus singkat bagi kader-kader partai tentang Pemerintahan dan kebijakan publik, menyelenggarakan pendidikan S2 bidang Pemerintahan dan kebijakan publik, public lecture dan kajian-kajian tentang good governance

"Bulan kemarin kita telah menyelenggarakan pendidikan Eksekutif bagi kepala dan wakil kepala daerah terpilih dari partai Golkar. Mereka dibekali dengan berbagai macam pengetahuan tentang Pemerintahan dan kebijakan publik agar mereka menguasai bidang itu sebelum memimpin daerahnya, " terangnya. 

Sebelumnya saat penutupan Rapimnas Partai Golkar, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan, salah satu keputusan Rapimnas program 'Golkar Institute' akan tetap dilaksanakan ke depannya.

Program tersebut menurut Airlangga, akan terus dipersiapan untuk pelatihan para pemimpin-pemimpin Partai Golkar ke depannya. Mulai dari tingkat pusat, kabupaten/kota, hingga pemimpin di eksekutif maupun di legislatif.

Airlangga menegaskan bahwa program pelatihan di Golkar Institute ini sangat penting agar para kader partai Golkar yang menjadi pemimpin bisa memiliki pemahaman yang komprehensif, baik untuk menyusun perencanaan pembangunan, kebijakan publik, maupun penyusunan anggaran yang terkait di daerahnya masing-masing, serta juga paham atas tata kelola pemerintahan yang baik.

"Sehingga ini akan menjadi kunci ke depan bahwa Partai Golkar yang kadernya ditempatkan di berbagai tempat, baik eksekutif atau legislatif bisa menjadi panutan bagaimana menjalankan pemerintahan yang baik," ujar Airlangga. (ANP)