Ajak Lansia Jakarta Ikut Vaksinasi Covid-19, Anies: Daftar di Website, Pilih Sendiri Lokasinya

MUS • Wednesday, 17 Mar 2021 - 10:01 WIB

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau vaksinasi Covid-19 Aparatur Sipil Negara (ASN) dan lanjut usia (lansia) di Puskesmas Kecamatan Setiabudi Gedung Nyi Ageng Serang. Total kurang lebih 100 orang dari ASN Pemerintah Provinsi (PemProv) DKI dan 100 orang lansia.

“Untuk warga lansia DKI Jakarta yang ingin mendaftar vaksin melalui website dki.kemkes.go.id, silahkan pilih lokasi vaksinasi terdekat,” tulis Anies di laman Instagram @aniesbaswedan, pada Selasa (16/3/2021).

Sebelumnya, warga yang datang ke fasilitas kesehatan, kini petugas yang mendatangi lokasi target warga. Maka dari itu, vaksinasi ‘dinamis berbasis wilayah’ ini menjadikan vaksinasi lebih efektif bagi para lansia.

Gugus Tugas menyebutkan, 10,7% kasus terkonfirmasi positif menyerang kalangan lansia (di atas 60 tahun). Bahkan kelompok usia ini mencatat 48,8% kasus pasien meninggal dunia akibat covid-19, dan menjadi kelompok usia dengan jumlah kasus meninggal dunia terbesar dibandingkan kelompok usia lain.

Artinya, lansia memerlukan perhatian khusus agar terlindung dari berbagai risiko covid-19. Salah satu caranya adalah dengan menjaga nutrisi harian serta pemberian vaksin bagi lansia.