Home Lift Bentuk Dukungan Keluarga dan Tingkatkan Kualitas Hidup

ANP • Wednesday, 17 Mar 2021 - 21:48 WIB

Jakarta – Di Indonesia mobilitas menjadi penting karena menurut data, Bappenas memproyeksikan angka harapan hidup di Indonesia mencapai 73,4 tahun pada tahun 2020, dengan umur harapan hidup laki-laki 71,49 tahun dan perempuan 75,27 tahun. Dengan demikian angka lansia semakin banyak dan salah satunya dukungan yang bisa diberikan untuk lansia adalah membantunya memiliki mobilitas yang baik. Tidak hanya untuk lansia, mobilitas juga tetap diperlukan bagi mereka penyandang disabilitas. Mobilitas yang optimal sangat penting demi kesehatan psikologis, kesejahteraan dan kualitas hidup lebih baik bagi setiap orang. PT. Pardi Solusi Abadi, sebagai penyedia teknologi Home Lift, berkomitmen untuk dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui solusi mobilitas.

Wakil Ketua I IPK Indonesia sekaligus Ketua IPK Wilayah Jawa Timur, Dra. Astrid Wiratna, Psikolog mengatakan, proses menua merupakan fase yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan. Kemunduran fisik, psikis, dan sosial akan dialami bersamaan dengan proses kemunduran akibat proses menua. Di sisi lain, kesehatan fisik, psikologis, sosial, dan kemampuan untuk berfungsi sangat mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Kesehatan fisik yang berkurang dapat berpengaruh pada tingkat kemampuan mobilitas dalam pemenuhan kebutuhannya sehingga kualitas hidup tidak dapat tercapai dengan baik.

“Dalam hal ini, dukungan dan kepedulian keluarga juga berpengaruh untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang. Penting bagi setiap orang untuk tetap memiliki mobilitas yang optimal dan leluasa melakukan aktivitas yang tetap bisa dilakukan di area lingkungan rumah, demi kesehatan psikologis, kesejahteraan dan kualitas hidup yang lebih baik,” tambah Astrid Wiratna.

Principal PT Ekspresi Artistika, Arie Bakrie (Arsitek) mengatakan, Home Lift  menjadi penting karena dapat memberikan banyak fungsi praktis, seperti memudahkan mobilitas setiap individu untuk mengakses seluruh ruangan dengan menaiki atau menuruni tangga rumah tanpa harus merasa sakit dan mengeluarkan usaha berlebih. Ada banyak pilihan Home Lift  yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan mobilitas masing-masing, baik untuk rumah pribadi maupun tempat usaha. Apalagi saat ini tren tempat tinggal cenderung kearah vertikal, untuk menyiasati lahan terbatas dan tingginya harga lahan.

“Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menentukan Home Lift yang dibutuhkan, antara lain: Ukuran lift (bagian dalam lift dan seberapa besar ruang yang dibutuhkan), Total beban (jumlah orang dan kursi roda jika diperlukan), Struktur harga dan pembayaran, Gaya / estetika (fungsional, halus atau artistik), Fitur keselamatan (terutama untuk anak-anak dan lansia), Persyaratan untuk pemasangan, Struktur perawatan dan dukungan yang tersedia, Biaya pemeliharaan, Fitur tambahan (seperti kemampuan Smart Lift), Reputasi perusahaan dan layanan pelanggan," tegasnya.

Chief Operating Officer PT. Pardi Solusi Abadi, Joni Tse mengatakan, PT. Pardi Solusi Abadi, sebagai penyedia Home Lift dengan produk dan layanan komprehensif, berkomitmen untuk membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat di seluruh Indonesia melalui optimalisasi solusi mobilitas.

"Pardi Solusi, menilai bahwa kesulitan mobilitas dapat dibantu dengan memasang peralatan atau alat bantu seperti Home Lift, yang dapat diimplementasikan di rumah pribadi, tempat usaha, tempat ibadah, dan fasilitas umum," ujarnya.

Ada banyak  pilihan Home Lift yang disediakan oleh PT. Pardi Solusi Abadi seperti lift kursi roda, lift tangga, lift rumah, atau solusi akses untuk rumah dari tangga atau kursi roda, ke lift platform rumah atau melalui lift lantai.

Joni Tse menambahkan, berbagai macam produk Home Lift yang disediakan oleh Pardi Solusi, dibuat sesuai dengan kebutuhan dan meyesuaikan kondisi rumah, dengan produk berkualitas 100% asli dari dari Eropa,.

"Teknologi screw drive yang telah dipatenkan dan telah terbukti selama 70 tahun, telah memenuhi prosedur persyaratan keselamatan internasional dari Eropa, serta layanan yang selalu siap sedia menjamin kualitas produk, layanan, servis, dan perawatan," tambahnya.

 Produk Home Lift yang disediakan oleh PT. Pardi Solusi Abadi adalah sebagai berikut:

1.     ACCESS BDD Altura Gold: Teknologi dari ACCESS BDD untuk lift rumah yang compact dengan lebar 800mm. Solusi untuk ruang yang kecil sekalipun.

2.     ACCESS BDD Altura Gold Pro: Teknologi dari ACCESS BDD untuk lift rumah yang lebih besar dan nyaman dengan lebar 1400mm.

3.     ACCESS BDD Flow X: Lift tangga dari ACCESS BDD yang bahkan mampu untuk dipasang pada tangga dengan lebar 610mm sekalipun

4.     ACCESS BDD Levant: Lift tangga yang sangat simple namun aman untuk tangga lurus sehingga membantu mobilitas dari setiap lantai.

5.     ACCESS BDD RPSP: Lift tangga/stairlift yang khusus digunakan untuk membantu mobilitas pemakai kursi roda ketika menaiki tangga dan hanya dapat bergerak secara horisontal mengikuti alur tangga yang lurus.

6.     ACCESS BDD Supra Linea: Lift tangga/stairlift tipe Supra yang khusus digunakan untuk pemakai kursi roda juga tetapi dapat bergerak secara meliuk mengikuti alur tangga yang melengkung.

7.     ARE Mangusta 030: Mangusta 030 adalah lift hemat energi yang memungkinkan untuk digunakan bahkan saat tidak ada listrik selama sekitar 30 kali berjalan atau bervariasi tergantung pada daya baterai.

Sugihadi, Pengguna Home Lift dari Pardi Solusi, mengatakan, sebelumnya ia dan istri merasa sangat kesulitan jika melakukan aktivitas di dalam rumah sendiri terutama saat naik dan turun tangga. Hingga pada tahun 2019, dirinya dan istri memutuskan untuk menggunakan Home Lift dari PT. Pardi Solusi Abadi. Ia merasa layanan dan produk yang diberikan sangat berkualitas dan pemasangannya fleksibel karena bisa disesuaikan dengan kondisi rumah yang sudah ada, dan yang paling penting adalah fungsi dari Home Lift itu sendiri yang sangat bermanfaat karena dapat mengoptimalkan mobilitas bagi setiap anggota keluarga di rumah.

“Saya memasang 2 unit Thyssenkrupp Altura Gold di rumah saya dan anak perempuan saya agar memudahkan saya dan istri untuk tetap beraktivitas, dan agar saya tidak perlu khawatir untuk tetap bisa berinteraksi dengan keluarga besar. Tahun 2021 ini saya memesan lagi unit yang sama untuk dipasang di rumah anak saya yang laki-laki, agar saya dan istri bisa dengan mudah berinteraksi dengan cucu-cucu saya tanpa khawatir adanya kendala mobilitas," katanya.

“Sebagai bagian dari solusi, Pardi Solusi menyediakan konsultasi awal sebelum memutuskan lift rumah/lift tangga yang dibutuhkan dengan mengunjungi kantor PT. Pardi Solusi Abadi atau menghubungi kontak via situs web www.pardisolusi.com Hingga saat ini, layanan Home Lift dari PT. Pardi Solusi Abadi dapat menjangkau masyarakat yang membutuhkan solusi mobilitas di seluruh Indonesia.  Kami berharap semakin banyak masyarakat yang terbantu dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik dengan kemudahan mobilitas,” tutup Joni Tse. (ANP)