PMI Distribusikan Bantuan bagi Masyarakat Terdampak Konflik di Intan Jaya Papua

MUS • Wednesday, 17 Mar 2021 - 22:08 WIB

Intan Jaya - Palang Merah Indonesia (PMI) mendistribusikan bantuan berupa Obat-obatan dalam membantu masyarakat terdampak konflik di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Sejumlah barang bantuan PMI berupa obat-obatan ini disalurkan ke beberapa klinik yang ada di Intan Jaya.

"PMI selalu membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan, termasuk di Kabupaten Intan Jaya yang saat ini sedang kami lakukan. Mudah-mudahan PMI bisa terus membantu masyarakat dalam melaksanakan mandat dan tugas-tugas kemanusiaan dalam respon situasi dan kondisi yang terjadi akhir-akhir ini," ucap Zakius Degei, Ketua Harian PMI Provinsi Papua

Barang bantuan tersebut terdiri dari obat-obatan, masker kain, masker bedah, pakaian, dan sembako yang berupa beras, gula, garam, mie instan. Bantuan ini merupakan distribusi bantuan tahap awal PMI dalam rangka merespon situasi dan kondisi yang terjadi di Intan Jaya, Papua. 

Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Pusat, Arifin M. Hadi, mengatakan, "Kami melakukan giat distribusi tahap awal ini dengan 2 kali pengiriman. Pengiriman pertama di hari Selasa sekitar 809 kg, dan pengiriman kedua di hari Rabu sekitar 545 kg. Jadi total yang kami distribusikan untuk Kab. Intan Jaya, Papua pada tahap awal ini mencapai 1 ton 3 kwintal 54 kg," kata Arifin. 

Arifin menambahkan, PMI tidak hanya membantu di Kab. Intan Jaya, namun, PMI juga akan melakukan penguatan kapasitas PMI dalam bidang Psychosocial Support Program (PSP)  dan personel tenaga medis, Khususnya di PMI Intan Jaya dan PMI penyangga nya yaitu PMI Mimika dan PMI Nabire . 

"Penguatan PMI ini difokuskan untuk meningkatkan kapasitas layanan kemanusiaan apabila diperlukan sewaktu waktu, termasuk penyiapan personal medis, dan PSP di Kab. Nabire." Tambah Arifin. 

Disamping itu, misi kemanusiaan PMI dalam membantu masyarakat mendapat dukungan dari Komite Internasional palang Merah (ICRC) dalam respon situasi dan kondisi yang terjadi akhir-akhir ini di Kab. Intan Jaya, Papua.