Menteri Sofyan Djalil Siap Bangun Kerjasama saat Bertemu Redaksi MNC Portal

FAZ • Saturday, 20 Mar 2021 - 13:53 WIB

Jakarta - Jalin silaturahmi antara Pemerintah dan pelaku industri media massa nasional, Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dan Tim Redaksi MNC Portal Indonesia baru saja melaksanakan pertemuan di Gedung Utama Kementerian ATR/BPN.

Forum tersebut turut hadir yakni Menteri ATR atau Kepala BPN Sofyan Djalil. Sedangkan dari Tim Redaksi MNC terdapat Direktur Corporate Secretary Syafril Nasution, Direktur Pemberitaan MNC Portal Yadi Hendriana, Pimpinan Redaksi (Pemred) Okezone M. Budi Santosa, Kepala Divisi News Gathering MNC Portal Indonesia Armydian Kurniawan, Pemred MNC Trijaya Gaib Maruto Sigit, serta Wakil Pimpinan Redaksi (Wapemred) Sindonews.com Hanna Farhana.

Diungkapkan Sofyan Djalil, sebagai lembaga pemerintah yang fokus pada dukungan manajemen, pengelolaan dan pelayanan pertanahan serta program penyelenggaraan tata ruang, pihaknya memerlukan instrumen pemberitaan untuk disampaikan kepada masyarakat. Langkah itu sebagai wujud transparansi atas program dan kebijakan ATR/BPN kepada masyarakat.

"Terima kasih atas kunjungan teman-teman MNC Portal. Kita sebagai lembaga pemerintah yang mengatur hajat hidup orang banyak baik masalah tanah, maka kita perlu transparan untuk kita menjelaskan segala kegiatan kita, segala perkembangan yang bagus atau tidak bagus perlu kita komunikasikan terhadap masyarakat," ujar dia usai pertemuan tersebut, Jumat (19/3/2021).

Dukungan media massa dinilai penting untuk menyampaikan persoalan dan program pertanahan dan tata ruang kepada masyarakat. Langkah transparansi informasi tersebut membuka peluang bagi masyarakat untuk memberikan masukan kepada pemerintah.

Sofyan juga menyebutkan siap menggandeng pelaku industri media, khususnya MNC Portal Indonesia untuk mensosialisasikan setiap program dan kebijakan ATR/BPN. Pola kerja sama akan ditindaklanjuti oleh pemerintah kedepannya.

"Itu sangat penting dan kami siap berpartner dengan semua media, terutama dengan MNC Group yang jaringannya sangat kuat, network-nya banyak, supaya ada informasi tentang masalah pertanahan ini menjadi lebih terbuka," kata dia.

Sementara itu, Direktur Corporate Secretary MNC Group Syafril Nasution mengatakan, kunjungan Tim MNC Portal Indonesia merupakan balasan dari kunjungan yang pernah dilakukan Sofyan ke kantor MNC Group.

Bahkan, melalui kanal berita yang dimiliki, MNC Group siap menyiarkan pemberitaan yang akurat dan objektif kepada masyarakat. Khususnya, perihal program pertanahan Kementerian Agraria dan Tata Ruang.

"Hari ini kita membalas kunjungan Pak Menteri ke MNC beberapa waktu lalu. Tentunya, pada kunjungan kita hari ini, kita ingin menjalin kerja sama lebih baik untuk memberitakan setiap hal-hal yang perlu kita beritakan kepada masyarakat, khususnya terkait dengan pertanahan," ujar dia.