KKP Terima Hibah Tanah dan Bangunan Dari Pemda Cilacap

FAZ • Friday, 26 Mar 2021 - 16:46 WIB

Cilacap - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menerima hibah tanah dan bangunan dari Pemda Kabupaten Cilacap untuk mendukung pangawasan sumber daya kelautan dan perikanan.

Kepala Biro Keuangan KKP, Cipto Hadi Prayitno yang hadir dalam penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) Hibah tersebut menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya atas dukungan Pemda Kabupaten Cilacap tersebut.

“Pelaksanaan Hibah Barang Milik Daerah kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan, merupakan bentuk kerja sama dan koordinasi (sinergi) yang baik antara Pemerintah Pusat dan Daerah dalam rangka mendorong pengawasan sumber daya alam di Kabupaten Cilacap,” jelas Cipto dalam sambutannya.

Lebih lanjut Cipto menyampaikan bahwa tanah seluas 5.339 m² dan bangunan beserta dermaga yang telah dihibahkan tersebut direncanakan akan digunakan untuk operasional dan perkantoran Stasiun PSDKP Cilacap.

Sementara itu, Wakil Bupati Cilacap, Samsul Auliya Rachman, menyampaikan bahwa tahapan dalam hibah tersebut telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dia berharap agar tanah dan bangunan yang dihibahkan tersebut dapat menunjang tugas dan fungsi di KKP. Ia juga berpesan agar proses mutasi aset dapat segera diselesaikan.

“Semoga dapat mendukung operasional pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan dan agar segera diproses pencatatan asetnya,” ujar Syamsul

Dengan hibah tanah seluas 5.339 m² dan bangunan beserta dermaga yang berada di wilayah Lomanis-Cilacap tersebut, Stasiun PSDKP Cilacap direncanakan akan membangun lokasi kantor pelayanan dan sandar labuh bagi armada Kapal Pengawas Perikanan. Lokasi tanah tersebut dianggap cukup strategis karena memiliki alur yang terhubung dengan perairan yang diawasi.