Menteri BUMN Pantau Vaksinasi Lansia di Surabaya

MUS • Sunday, 28 Mar 2021 - 19:07 WIB

Surabaya - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bersama dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, serta Walikota Surabaya Eri Cahyadi, meninjau Sentra Vaksinasi Massal di Grand City Convex, Surabaya.

Vaksinasi ini dilaksanakan selama sebulan, sejak hari ini Minggu (28/3/2021) yang dikhususkan bagi kelompok lanjut usia (lansia). Dalam sehari, vaksinasi akan melayani sebanyak 5000 orang, dan diberikan secara gratis.

Erick Thohir mengatakan, program Sentra Vaksinasi yang dilakukan oleh Kementerian BUMN ini, didukung sepenuhnya oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Serta bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, dan kali ini dengan Pemprov Jatim.

"Ini juga seperti yang kita lakukan di Jakarta dan Semarang. Tentu maksud dan tujuan sentra vaksinasi ini, adalah dukungan untuk mempercepat vaksinasi di Kota Kota besar, yang merupakan juga jumlah penduduknya sangat besar," katanya, Minggu (28/3/2021).

Selain lansia, vaksinasi massal ini juga ditujukan bagi pegawai BUMN. Karena menurutnya, sebagian besar para pegawainya merupakan garda terdepan dalam pelayanan publik. Bahkan tidak menutup kemungkinan diberika kepada kelompok lainnya.

"Kita mentargetkan selalu, setiap sentra vaksinasi 5000 orang perhari. Saya yakin di Jawa Timur ini bisa sesuai dengan targetnya," imbuhnya.

Erick mencontohkan, sentra vaksinasi di Jakarta bisa melayani vaksinasi hingga 8000 orang per hari. Ia optimis, Jatim bisa memenuhi target 5000 orang tervaksinasi perhari. Namun semakin banyak, semakin bagus.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan terima kasihnya kepada Kementerian BUMN. Program Sentra Vaksinasi ini menjadi salah satu penguatan proses vaksinasi khususnya di daerah Episentrum, Surabaya.

"Tentu support dari Pak Walikota menjadi sangat penting di sini, para lansia diprioritaskan, sekarang kita bisa mendapatkan porsi yang lebih banyak," katanya.

Layanan kesehatan lain tetap berjalan, jumlah vaksin juga cukup, oleh karenanya, Khofifah minta percepatan vaksinasi penting dilakukan. Oleh karenanya, layanan vaksinasi Kementerian BUMN ini, diharapkan bisa mempercepat herd immunity.

"Terima kasih Pak Menteri, atas supportnya untuk kami di Jawa Timur," tambahnya.

Sementara itu, Walikota Surabaya Eri Cahyadi bersyukur karena support vaksinasi bagi lansia di Kota Pahlawan didukung oleh Kementerian BUMN dan Pemprov Jatim. Sehingga, dapat mempercepat layanan vaksinasi bagi lansia.

"Alhamdulillah hari ini ada layanan vaksinasi bagi lansia di Surabaya, sehingga lansia yang sampai hari ini belum mendapatkan vaksin, bisa terlayani di sini," ungkapnya.

Eri optimis, target 5000 orang perhari mendapatkan vaksin, akan bisa terpenuhi. "Sekali lagi Pak Menteri, saya mengucapkan terima kasih. Juga terima kasih Ibu Gubernur, karena Bu Gubernur sering support kami pak, Surabaya ini disupport terus vaksinnya," tandas Eri. (Her)