Kementan dan Dinas KPKP DKI Gelar Operasi Cabai Rawit Murah

FAZ • Wednesday, 31 Mar 2021 - 10:48 WIB

Jakarta - Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta menyakini harga cabai di pasaran saat bulan suci ramadan 2021 akan kembali normal.

Plt Kepala DKPKP DKI, Suharini Eliawati menjelaskan, alasan harga cabai bakal menurun di bulan puasa lantaran daerah pemasok cabai sudah mulai panen. Mengingat pada musim pengujan tanam cabai terimbas.

"Prediksi sudah mulai turun," kata Eli panggilan akrab Suharini saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (31/3).

Dinas KPKP pun tengah menggelar operasi cabai rawit murah di sejumlah wilayah ibu kota bersama Kementerian Pertanian (Kementan). Tujuan pangan murah ini yaitu untuk stabilisasi harga cabai yang saat ini cendrung naik.

Tak cuma Jakarta Kementan juga menggelar operasi cabai murah di Depok dan Bogor, Jawa Barat.

"Saat ini pemprov DKI Jakarta bersama dengan BKP-Kementan masih melakukan gelar pangan murah (untuk cabe)," ucapnya.

Pelaksanaan operasi cabai rawit murah berlangsung pada 31 Maret hingga 6 April 2021. Harga yang dipatok sebesar Rp32.000 per kilogram (Kg).

Untuk 31 Maret - 1 April dilaksanakan di Pasar Mitra Tani (PMT) Pasar Minggu, PMT Pasae Klender, Pasar Lenteng Agung, Kelurahan Pademangan Timur, Kelurahan Tebet Barat, Rusun Pangadegan dan Rusun Daan Mogot.

Kemudian 3 - 4 April dilaksanakan di PMT Pasar Minggu, PMT Klender, Pasar Jatinegara, Kelurahan Manggarai Selatan, Kelurahan Cempaka Putih Barat, Rusun Tipar Cakung serta Rusun Penggilingan.

Sedangkan 5 - 6 April digelar di PMT Pasar Minggu, PMT Klender, Pasar Cengkareng, Kelurahan Koja, Kelurahan Pesanggrahan, Rusun Cipinang B. Selatan dan Rusun Muara Baru.

Seperti diketahui, saat ini masyarakat menjerit dengan melonjaknya harga cabai di pasaran. Harga cabai sejak beberapa bulan terakhir ini bisa mencapai Rp90.000 per kilogram.