Vaksinasi Covid-19 Bagi Pelaku Wisata dan Transportasi Publik di Sleman

MUS • Monday, 5 Apr 2021 - 19:08 WIB

Sleman - Pos Pelayanan Vaksinasi COVID-19 Drive Thru kini hadir di Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Didukung oleh Kementerian Kesehatan RI, Pemerintah Kabupaten Sleman, RS Bhayangkara, dan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero), Pos layanan vaksinasi ini akan melayani pelaku pariwisata, pelayan publik, dan transportasi publik termasuk di antaranya para mitra driver Gojek, yang memiliki KTP atau berdomisili di Kabupaten Sleman pada 5 April-7 Mei 2021.

Dalam sambutannya, dr. H.M. Subuh, Staf Ahli Bidang Ekonomi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI mengapresiasi komitmen dalam menghadirkan pos pelayanan vaksinasi drive thru. “Saya melihat kesiapan sarana dan prasarana (vaksinasi) ini sudah baik sekali dan yang paling penting karena sasaran berbeda dari tempat lain. Sasarannya gembira semua, tanpa rasa takut. Secara keseluruhan saya lihat dari tempat beristirahat (observasi) 30 menit, dari lingkungan yang telah disiapkan, saya kira ini prototipe yg bisa dijadikan benchmark. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Halodoc, Gojek, dan Pemkab Sleman. Mohon tetap dijaga dan terus mengawal, sehingga distribusi pemberian dan akses dapat benar-benar terjangkau dan terlaksana oleh seluruh lapisan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Direktur Utama Badan Otorita Borobudur, Indah Juanita mengungkapkan dukungan atas program vaksinasi yang dikhususkan bagi pelaku sektor pariwisata ini. “DI Yogyakarta merupakan salah satu wilayah dengan kontribusi dari sektor pariwisata yang cukup signifikan. Pemberian vaksinasi COVID-19 bagi para pelaku di sektor ini tentunya menjadi harapan baru untuk mewujudkan Wisata Aman di Indonesia yang diharapkan mampu untuk memulai pergerakan roda ekonomi,” ujar Indah.

Bupati Sleman yang diwakili Asisten Bidang Pembangunan, Budharjo, menyambut baik dukungan pihak swasta dalam menyukseskan vaksinasi yang juga sejalan dengan arahan pemerintah pusat. “Masyarakat yang kami targetkan untuk divaksinasi merupakan kelompok yang berada di garda terdepan dalam mendorong pemulihan roda ekonomi dan pariwisata lokal,” ucapnya.

Dengan kemudahan akses, serta kemampuan Halodoc bersama Gojek dalam mengelola vaksinasi COVID-19 drive thru secara aman dan nyaman, kami menghimbau seluruh masyarakat yang memenuhi persyaratan untuk memanfaatkan layanan ini dan bersama-sama menyukseskan program vaksinasi di Kabupaten Sleman. Metode drive thru juga menjadi salah satu solusi penting untuk menjawab tantangan seperti keharusan menerapkan jaga jarak, mengurai kerumunan, serta kenyamanan peserta selama proses vaksinasi.

Pos Pelayanan Vaksinasi COVID-19 Drive Thru Halodoc dibuka pada 5-9 Mei 2021 pukul 08.00-17.00 WIB untuk penyuntikan dosis pertama, dan akan dibuka kembali pada 3-7 Mei 2021 untuk penyuntikan dosis kedua. Didukung oleh tenaga kesehatan dari puskesmas setempat dan RS Bhayangkara, fasilitas ini mampu mengakomodir hingga 1.000 dosis vaksin setiap harinya. Bagi peserta vaksinasi yang tidak memiliki KTP Kabupaten Sleman, wajib membawa surat keterangan domisili. Selain itu, seluruh peserta vaksinasi juga wajib menunjukkan bukti surat keterangan dari tempat bekerja maupun ID Card yang masih berlaku. (Ron)