Wakil Gubernur Resmi Menutup STQH XXVI Tingkat Provinsi Sultra

MUS • Tuesday, 6 Apr 2021 - 23:06 WIB

Kendari - Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadits Nabi (STQH) ke XXVI Tahun 2021 tingkat provinsi Sulawesi Tenggara mengangkat tema "STQH Sarana Penguatan Implementasi Program Sultra Beriman Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara", malam ini ditutup Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H.Lukman Abunawas di Hotel Zahra, Selasa (6/4/2021).

Kota Kendari sebagai tuan rumah pelaksanaan STQH XXVI Tingkat Provinsi Sultra terbilang sukses dalam pelaksanaannya. Apalagi kegiatan ini berlangsung di masa pandemi covid-19, sehingga seluruh rangkaian kegiatan tetap menerapkan Protokol Kesehatan.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh tamu yang hadir di Kota Kendari dan kepada kafilah peserta STQH dari seluruh Kabupaten/Kota di Sultra yang berlomba mendapatkan hasil terbaik.

"Selaku tuan rumah, kami sangat bangga dan berbesar hati bahwa STQH sebagai salah satu kegiatan keagamaan sekaligus kegiatan yang memuliakan Al-Qur'an dan Hadist mendapat dukungan dan atensi dari berbagai pihak baik pemerintah Provinsi Sultra, kementerian agama dan juga stakeholder bahkan masyarakat Sultra khususnya kota Kendari,” ucap Walikota Kendari.

Lebih lanjut Wali Kota menyampaikan laporan kepada Wagub Sultra bahwa, sebanyak 263 peserta khafilah dari seluruh Kabupaten/Kota telah tampil di STQH apalagi dilaksanakan dimasa pandemi dengan menerapkan protokol kesehatan dengan dukungan penjagaan serta pengawasan Satgas Covid-19 Sultra.

Tak kalah istimewanya, akses dan publikasi penampilan peserta ditampilkan juga secara live streaming melalui youtube sehingga dapat meningkatkan transparansi dan penilaian sekaligus dapat menyebarkan siar Islam melalui teknologi sehingga menampilkan peserta yang berkualitas dan berdaya saing.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Prov. Sultra, Fesal Musaad dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dan bersungguh-sungguh mensukseskan STQH XXVI Tingkat Provinsi Sultra dapat terselenggara dan ucapan selamat kepada para pemenang dan yang belum berhasil masih terbuka lebar peluang dimasa akan datang.

Selanjutnya, Wakil Gubernur H.Lukman Abunawas dalam sambutannya sekaligus menutup STQH XXVI Tingkat Provinsi Sultra mengucapkan selamat kepada para juara, semoga prestasi yang diraih memberikan harapan dan semangat  kita untuk selalu mengumandangkan asmaul Qur'an.

Diakhir sambutannya Wakil Gubernur menyampaikan titipan salam dan ucapan selamat dari Gubernur Ali Mazi kepada seluruh khafilah dari seluruh kabupaten/kota.

Sebelumnya telah diumumkan peringkat pada kejuaraan STQH XXVI Tingkat Provinsi Sultra, dimana Kabupaten Kolaka menjadi peringkat I peraih nilai tertinggi, disusul kabuapten Muna diperingkat II, Konawe Utara Peringkat III, Kolaka Timur Peringkat IV, Kota Kendari diperingkat V, Buton Tengah Peringkat VI, Konawe Kepulauan dan Kolaka Utara diperingkat VII, Konawe Selatan Peringkat VIII, Muna Baran dan Buton diperingkat IX, Buton Utara dan Buton Selatan Peringkat X, serta Kabuapten Wakatobi dan Bombana di peringkat XI.

STQH XXVI Prov.Sultra yang diikuti peserta dari 17 Kabupate/kota ini telah berlangsung dari tanggal 2-6 April 2021. Dan pada acara penutupan ini dihadiri Sekda Prov.Sultra Nur Endang Abbas, Sekda Kota Kendari Nahwa Umar, Ketua TPPKK Kota Kendari Sri Lestari Sulkarnain serta perwakilan Kabupaten/Kota Se-Sultra, Forkopimda Sultra dan sejumlah tamu undangan lainnya. (HenQ)