Elektabilitas AHY Melesat, Demokrat: Terima Kasih Rakyat Indonesia!

MUS • Sunday, 11 Apr 2021 - 08:17 WIB

Jakarta - Survei politik terbaru dari Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) masuk dalam lima besar figur unggulan untuk diusung di Pilpres 2024.

Tingkat keterpilihan AHY mencapai 7,1 persen, berada di atas Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang memperoleh 5,7 persen.

Kepala Badan Komunikasi Strategis
DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra menilai hasil survei ini membuktikan setahun Partai Demokrat di bawah kepemimpinan AHY, semakin menunjukkan hasil nyata. Kerja-kerja politik nyata Partai Demokrat, mendapat atensi dan apresiasi publik.

"Ini menunjukkan kami sudah di jalur yang tepat. Memilih berkoalisi dengan rakyat, memperjuangkan harapan rakyat, baik di tingkatan kebijakan, parlemen, maupun bersentuhan langsung dengan rakyat, membantu rakyat terdampak pandemi dan bencana," kata Herzaky dalam keterangan persnya Sabtu (10/4/2021).

Namun Herzaky menegaskan pencapaian ini tidak lantas membuat Demokrat berpuas diri. 

"Malah hasil ini membuat kami semakin terpacu mengingat meningkatnya rasa percaya, kepercayaan dari masyarakat yang menitipkan harapannya kepada kami. Apalagi fokus kami adalah membantu rakyat semampu kami, bukan berpikir tentang pilpres atau pencapresan 2024. Masih terlalu dini bagi kami berpikir ke arah sana di tengah situasi berat yang dialami rakyat akibat pandemi ini," ujarnya.

Hasil survei yang memperlihatkan naiknya elektabilitas para pemimpin muda, menumbuhkan harapan rakyat akan tampilnya wajah baru pemimpin di pentas nasional pada pilpres selanjutnya.

"Tampilnya pemimpin muda ke pentas nasional, diharapkan bisa memberikan ide-ide segar, yang out of the box, tapi tentu tetap menginjak bumi, sehingga bisa memberikan solusi yang bukan saja baik secara konsep, melainkan juga benar-benar dapat diterapkan dan bermanfaat dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi bangsa dan negara ini," lanjut Zaky.

Kehadiran pemimpin baru dalam pentas nasional di kontestasi selanjutnya, diharapkan pula bisa memberikan gairah dan optimisme baru bagi masyarakat pasca pandemi dan resesi ekonomi ini. (Mus)