Mohamed bin Zayed Resmi Jadi Nama Jalan Tol, Pendengar: ‘Emang Nama Pahlawan Ya?’

MUS • Tuesday, 13 Apr 2021 - 10:02 WIB

Jakarta – Presiden Joko Widodo telah meresmikan nama baru untuk jalan layang tol Jakarta - Cikampek, Senin pagi (12/4/2021). Pemerintah menggunakan nama Putra Mahkota sekaligus Wakil Panglima tertinggi angkatan bersenjata Uni Emirat Arab (UAE) yaitu, Mohammed bin Zayed atau disingkat MBZ.

“Jadi Jalan Tol Elevated itu kan dibangun tahun 2017. Kemudian di 2019, tanggal 12 Desember itu kan sudah diresmikan pengoperasiannya, oleh Pak Presiden. Hari ini Kita ada seremoni untuk pemberian nama,” ungkap Dwimawan Heru selaku Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, saat dihubungi Radio MNC Trijaya FM (12/4/2021).

Namun, yang jadi pertanyaan Pendengar Trijaya adalah mengapa nama Mohammed bin Zayed bisa dijadikan nama jalan yang cukup strategis. Padahal masih banyak nama pahlawan lain yang bisa digunakan. Menurut Heru, pemberian nama ini merupakan itikad baik hubungan pemerintah Indonesia dengan UAE.

“Kita ketahui juga bahwa sebelum ini, di akhir tahun lalu, pemerintah Uni Arab Emirates juga memberikan nama Presiden Joko Widodo sebagai nama jalan di salah satu ruas jalan yang strategis di Abu Dhabi,” tambah Heru.

Selain itu, pemerintah juga sedang mempersiapkan pembangunan Masjid Raya di Solo, yang akan menggunakan nama Mohammed bin Zayed Al Nayhan. Menurut Heru, hal tersebut juga mencerminkan hubungan baik yang terus dipelihara pemerintah Indonesia dan UAE. (TIO)