Percepat Kekebalan Kelompok, Kemenkes Pastikan Vaksinasi Jalan Terus Selama Ramadhan

MUS • Tuesday, 13 Apr 2021 - 13:27 WIB

Jakarta – Juru bicara vaksinasi dari Kementerian Kesehatan, Dokter Siti Nadia Tarmizi memastikan vaksinasi yang dilakukan pemerintah tetap berjalan selama Ramadhan.

“Kegiatan vaksinasi tetap berjalan selama Ramadhan ini, dalam rangka mempercepat pembentukan kekebalan kelompok. Karena pemerintah memang sudah merencanakan pelaksanaan vaksinasi hingga bulan Desember. Dengan keluarnya fatwa MUI yang menyatakan vaksinasi tidak membatalkan puasa, artinya vaksinasi bisa terus berjalan pada siang hari dan tetap mempertahankan kondisi kesehatan penerima vaksin,” ujar Nadia saat diwawancara dalam program Trijaya Hot Topic pagi edisi Selasa, (13/04/2021).

Terkait jadwal penyuntikan vaksin, Siti menyebut akan ada sedikit pengurangan jam operasional karena banyak petugas vaksin yang juga berpuasa.

“Jadi untuk operasional vaksinasi akan dimulai dari jam 8 pagi hingga 3 sore. Selain itu ada opsi alternatif di daerah-daerah tertentu dengan kebijakan pemerintah masing-masing yang membuka pos vaksinasi setelah berbuka puasa,” jelas Nadia.

Untuk persyaratan dan persiapan sebelum vaksinasi bagi orang-orang yang sedang berpuasa, Siti menyebut yang terpenting adalah jangan sampai melewatkan waktu sahur. Agar tubuh mempunyai asupan energi dan cairan sebelum melakukan vaksinasi di pagi harinya, serta beristirahat yang cukup pada malam sebelum divaksin. (KUH)