Tahun Kedua Ramadhan di Tengah Pandemi, MUI: Jangan Menurunkan Semangat Ibadah!

MUS • Tuesday, 13 Apr 2021 - 13:27 WIB

Jakarta – Hari ini (Selasa, 13/04/2021), umat Islam sudah memasuki masa puasa Ramadhan 1442 Hijriyah. Ramadhan kali ini merupakan yang kedua kalinya berlangsung di masa pandemi.

Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI, KH Cholil Nafis mengimbau, masyarakat tidak menurunkan semangat beribadah dan berpuasa, sambil tetap mewaspadai covid-19.

“Kita harus tetap hati-hati karena pandemi masih berlangsung. Untuk melaksanakan tarawih silahkan di masjid untuk yang daerahnya sudah keluar dari zona merah. Tapi harus dengan tetap menegakkan prokes yang ketat. Jika yang daerahnya masih berada di zona merah, tetap patuhi anjuran pemerintah dan orang yang berkompeten di bidangnya,” ujar Cholil saat diwawancara dalam program Trijaya Hot Topic pagi edisi Selasa,(13/04/2021).

Cholil menyebut, sesuai edaran dari pemerintah bahwa kondisi pandemi di Indonesia sudah mulai membaik dibandingkan Ramadhan tahun lalu. Banyak masjid yang sudah mulai melaksanakan aktivitas keagamaan berjamaah seperti shalat jumat maupun shalat tarawih.

Kegiatan seperti buka puasa bersama pun sudah bisa diselenggarakan, tapi tetap dengan protokol Kesehatan. “Yang terpenting semangat untuk menjalankan Ramadhan di tengah-tengah pandemi tetap ada,” jelas Cholil.

Terkait umat muslim yang akan melakukan vaksinasi di bulan Ramadhan ini, Cholil menyebut MUI telah mengeluarkan fatwa, bahwa kegiatan swab test dan vaksinasi selama bulan Ramadhan tidak membatalkan puasa. (KUH)