Kabar Baik! Antar Dua Lansia Vaksin di DKI, Pengantar Akan Divaksin Gratis

FAZ • Wednesday, 14 Apr 2021 - 13:14 WIB

Jakarta - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta memfasilitasi vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat yang mengantar dua lansia untuk divaksin di tempat layanan kesehatan.

Kepala Dinkes DKI Jakarta Widyastuti mengatakan hal itu dilakukan sebagai upaya memudahkan akses vaksinasi bagi seluruh mayarakat baik lansia maupun non lansia di Jakarta, serta komitmen pemerintah dalam upaya meningkatkan herd immunity.

"Masyarakat non-lansia berusia 18-59 tahun yang mendampingi dua lansia untuk didaftarkan vaksinasi suntik pertama, maka pendamping tersebut juga akan mendapatkan akses vaksin. Program ini juga dilakukan agar target vaksinasi lansia lekas terpenuhi," kata Widyastuti dalam keterangan tertulis, Senin (12/4).


Ia menjelaskan, hingga 11 April 2021, vaksinasi dosis 1 telah dilakukan kepada 526.687 lansia atau 57,8 persen dan vaksinasi dosis 2 mencakup 173.234 lansia atau 19 persen dengan target vaksinasi sebanyak 911.631 lansia.

"Ini diharapkan dapat memudahkan lansia selama proses vaksinasi. Karena daftarnya lewat daring, lansia itu pasti butuh pendamping untuk membantu teknis pelaksanaannya. Selain itu, kami juga terus berupaya untuk mempercepat target terpenuhinya vaksinasi untuk lansia," kata dia.

Lebih lanjut, Widyastuti menjelaskan bagi masyarakat yang akan melakukan vaksinasi dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu secara daring melalui tautan dki.kemenkes.go.id.

Untuk yang ber-KTP DKI Jakarta, kata dia, bisa langsung datang dan mendaftarkan diri vaksinasi ke seluruh fasilitas kesehatan yang ada di Jakarta. Sementara bagi masyarakat ber-KTP di luar Jakarta, dapat mendatangi lokasi vaksinasi di Istora dan Tennis Indoor di Senayan.

"Pemprov DKI Jakarta telah menyediakan fasilitas transportasi antar-jemput bagi warga lansia, berupa bus sekolah dan bus Transjakarta untuk sejumlah wilayah yang membutuhkan karena lokasi vaksinasi yang cukup jauh," ucap dia.