Wali Kota: Hadirnya Motor Listrik jadi Solusi bagi Lingkungan dan Anggaran Pemkot Kendari

MUS • Thursday, 15 Apr 2021 - 11:15 WIB

Kendari - Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir meluncurkan sepeda motor listrik Gesits di Kota Kendari pada Kamis (15/4/2021) di pelataran rumah jabatan Walikota.

Wali kota Kendari menyambut baik hadirnya inovasi motor listrik. Terlebih lagi dalam mendukung visi kota Kendari Mewujudkan Kota Layak Huni, Berbasis Ekologi, Informasi dan Teknologi. Pemkot Kendari akan merancang regulasi agar seluruh pengadaan di wilayahnya menggunakan kendaraan listrik baik roda dua maupun roda empat..

"Apalagi Gesits ini produksi dalam negeri, produksi anak bangsa tentunya kita suport dan bangga serta mendukung. Mudah-mudahan ini menjadi solusi bagi kita, baik itu solusi bagi lingkungan dan solusi anggaran bagi pemerintah kota sehingga tidak ada lagi servis kendaraan yang jadi beban pemerintah," ungkap Wali Kota.

Sebelumnya pada 27 Februari 2021 lalu, motor listrik Gesits sudah dilaunching perdana oleh Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi. Ia menyambut baik hadirnya motor listrik tersebut, sebagai bentuk dukungan atas pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Kebijakan percepatan penggunaan penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai di Sultra diarahkan pada tiga hal. Pertama, menjaga kelestarian lingkungan alam Sultra. Kedua, mendukung program pemerintah untuk efisiensi energi dan mengurangi polusi di bidang transportasi. Ketiga, mendorong kesiapan infrastruktur kendaraan listrik untuk percepatan peralihan dari kendaraan berbahan bakar fosil menjadi berbasis baterai.

Seperti diketahui Saat ini, Pemerintah Provinsi Sultra telah menyiapkan dua peraturan gubernur (pergub) tentang kendaraan listrik. Pertama, pergub tentang penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. Kedua, pergub tentang perhitungan dasar pengenaan pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor tahun 2021. Rancangan pergub tersebut sedang dikonsultasikan dengan kementerian dalam negeri.

Pada peluncuran motor listrik Gesits tersebut dihadiri juga Sekda Kota Kendari Nahwa Umar, pimpinan OPD Kendari, Pimpinan Gesits Sultra Sandri, dan sejumlah tamu undangan lainnya. (HenQ)