PMI Lembata distribusikan Bantuan Logistik ke Lokasi Terdampak Banjir 

MUS • Wednesday, 21 Apr 2021 - 21:25 WIB

Lembata - Palang merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lembata  lmendistribusikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang yang melanda Kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur. "Bantuan kali ini kami fokuskan untuk warga atau korban yang terdampak bencana dan mengungsi di Kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur," kata Sekretaris PMI Kabupaten Lembata Nikolaus Hayu melalui sambungan telepon, Rabu (21/4).

Adapun  paket bantuan yang diberikan untuk korban bencana di desa tersebut berupa 100 paket hygiene kits, 50 lembar terpal, 100 lembar selimut, 6 lembar tikar dan 75 buah tandon air. Dikarenakan situasi saat ini masih dalam pandemi covid-19, PMI memodifikasi tandon tersebut, tidak hanya untuk penyimpanan air tapi juga sebagai media cuci tangan. 

Bantuan tersebut diberikan kepada para penyintas bencana yang tinggal di pengungsian mandiri yang menempati pondok di kebun-kebun yang berlokasi di Desa Waowala, Napasabok, Lamawara, Todanara dan Jontona. 

"Selain menyalurkan bantuan berupa Non Food Item, kami juga mengerahkan truk tangki air dan 30 orang relawan PMI Kabupaten Lembata ke lokasi bencana untuk membantu evakuasi warga dan pelayanan lainnya dalam upaya meminimalisasikan dampak dari bencana tersebut. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi para warga dan dapat di pergunakan secara tepat selama tinggal di pengungsian," kata Nikolaus. 

Dalam memberikan layanan, relawan PMI selalu menerapkan Protokol Kesehatan dengan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).