Pimpinan PKS dan Demokrat Bertemu, Ada Rencana Apa?

MUS • Thursday, 22 Apr 2021 - 20:28 WIB

Jakarta – Safari politik terus dilakukan Presiden PKS, Ahmad Syaikhu bersama jajarannya. Kali ini, PKS mengadakan silaturahmi ke markas partai Demokrat di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Kamis (22/4/2021) sore.

Wakil Kepala Staf Presiden PKS, Muhammad Kholid mengatakan, silaturahmi ini dilakukan sebagai balasan atas kunjungan ketua umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada tahun lalu. PKS juga memperkenalkan jajaran barunya kepada partai Demokrat.

“Pertemuan ini memiliki makna, yang pertama adalah makna historis. Kami memiliki sejarah yang baik dengan partai Demokrat, saat era presiden Susilo Bambang Yudhoyono kami memiliki program pengentasan kemiskinan yang diakui dunia. Program tersebut menjadi legacy dari PKS dan Demokrat. Makna selanjutnya adalah makna masa depan seperti kerja sama. Dulu PKS dan Demokrat memiliki banyak kerjasama politik yang menguntungkan bagi negara ini. Jadi kami ingin ada kerjasama lagi bersama Demokrat,” kata Kholid pada program Trijaya Hot Topic Petang Kamis (22/4/2021).

“Dulu selama 10 tahun kita bersama Demokrat dalam kabinet. Sekarang kebetulan di luar pemerintahan, kita juga masih bekerja sama, menjadi penyeimbang kekuatan pemerintah. Dengan positioning PKS dan Demokrat ini sebenarnya bangsa Indonesia diuntungkan, karena kepantasan demokrasi di Indonesia tetap berjalan,” sambung Kholid.

Sementara itu Sekretaris Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat, Andi Mallarangeng mengatakan, Demokrat selalu membuka komunikasi dengan partai manapun. Apalagi dengan PKS, yang kini sama-sama berada di luar pemerintahan.

“Pemilu masih jauh pada dasarnya, sehingga masih terlalu dini kalau kita katakan sedang membangun koalisi, baik itu poros A atau poros B. Memang sekarang saatnya kita berkomunikasi, seperti dengan PKS, partai Golkar atau partai lain. Intinya kebetulan kami dengan PKS sama-sama berada di luar pemerintahan, ada banyak kebijakan kita yang sama. Siapa tahu kedepan nanti kita bisa bekerja sama lagi di pemerintahan,” harap Andi. (Daf)