Pemprov DKI: Waspada, Klaster Perkantoran Meningkat lagi

MUS • Monday, 26 Apr 2021 - 14:16 WIB

Jakarta - Kasus positif covid-19 klaster perkantoran kembali meningkat. Informasi tersebut diunggah akun Instagram Pemerintah Provinsi DKI Jakarta @dkijakarta, Sabtu (24/4/2021).

Dari keterangan disebutkan, pada periode 12-18 April 2021 ada 425 jumlah kasus positif yang ditemukan di 177 perkantoran.

Jumlah tersebut meningkat hampir tiga kali lipat dibanding periode 5-11 April 2021 yang hanya mencatatkan 157 kasus dari 78 perkantoran.

"Sebagian besar kasus konfirmasi Covid-19 di perkantoran terjadi pada perkantoran yang sudah menerima vaksinasi Covid-19," tutur keterangan dalam unggahan itu.

Dalam keterangannya, Pemprov DKI meminta warga tetap mewaspadai penularan virus Covid-19 meski telah mendapatkan vaksin.

Menurutnya, vaksinasi hanya memperkecil kemungkinan terjadinya gejala yang berat dan komplikasi akibat Covid-19, dan tetap bisa menularkan jika seorang terinfeksi Covid-19.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta warga tak euforia berlebihan menanggapi melandainya penyebaran virus Covid-19 di Ibu Kota. Riza meminta warga tetap mewaspadai lonjakan kasus positif Covid.

Menurut Riza, warga harus belajar dari negara-negara lain yang mengalami lonjakan kasus usai sempat melandai. Bahkan, menurutnya, di beberapa negara kasus Covid-19 lebih mematikan.

"Kita Indonesia, Jakarta mengalami penurunan, tapi tidak boleh lupa, tidak boleh euforia. Tetap disiplin yang tinggi, protokol kesehatan yang baik, yang ketat. Jangan terjadi peningkatan kembali," ungkap Riza beberapa waktu lalu.

"Mumpung ini trennya turun. Harus diikuti dengan peningkatan disiplin. Bukan justru melonggar.