11 Perusahaan ini Raih Teropong CSR Award 2021

MUS • Wednesday, 28 Apr 2021 - 17:38 WIB

Jakarta - Demi mengapresiasi sejumlah perusahaan BUMN dan swasta yang memiliki komitmen besar terhadap kepedulian sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR), teropongsenayan.com menggelar “Teropong CSR Award 2021” (TCA 2021) secara virtual Rabu (28/4)

Ketua Juri TCA 2020 Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi teropong senayan yang senantiasa konsisten memberikan penghargaan kepada para pelaku usaha yang mempunyai kepedulian sosial, khususnya di masa masa sulit saat ini. Baik menghadapi dampak covid-19 maupun hal-hal lain yang telah menggerus berbagai aspek kehidupan, seperti bencana alam yang datang silih berganti.

Sebagaimana diketahui, kata Bamsoet, hingga 27 April 2021 total jumlah  covid-19 di indonesia telah menembus angka 1,6 juta kasus, dengan rasio kematian 2,7 persen dan ratio kesembuhan lebih dari 91 persen. 

Angka ini cukup tinggi jika dibandingkan ratio kesembuhan global yang hanya sekitar 58 persen. Meskipun demikian tingginya angka kesembuhan ini tidak seharusnya membuat kita lalai atau abai dalam upaya menangani serta mengendalikan penularan covid 19.

“Kita bisa belajar dari India yang pada awal 2021 lalu mendapatkan pujian dari dunia internasional atas upaya yang dilakukan dalam pengendalian pandemi covid-19 baik pelaksanaan testing, dan isolasi maupun program vaksinasi yang dilakukan secara masif,” ujar Bambang. 

India juga tercatat sebagai negara industri vaksin dengan skala paling besar. Bahkan distribusi vaksin di India mencatatkan rekor dengan jumlah 100 juta dosis vaksin dalam 85 hari, lebih cepat dari Amerika Serikat yang mencapai 89 hari dan Tiongkok 110 hari. Namun sikap lalai dan abai dalam mematuhi protokol kesehatan dan semakin kendornya pembatasan aktifitas masyarakat yang mengundang keramaian massa, telah menyebabkan terjadinya ledakan kasus covid-19 di India.

Kini penambahan kasus covid di India bahkan mencatat rekor baru menembus angka 354 ribu per hari dengan lebih dari 2.500 kematian dalam sehari.

“Jika kita tidak berhati-hati apa yang terjadi di India tidak mustahil juga terjadi di negara yang kita cintai ini. Dengan angka positif rate yang masih fluktuatif dan dinamis dalam beberapa hari ini di kisaran 10-16 persen mengisyaratkan sinyalemen bahwa kita belum berada di zona yang aman. Apalagi dari 40,30 juta orang yang dari menjadi target vaksinasi di Indonesia, baru terealisasi 11,98 juta orang atau 29,7 persen yang telah mendapat vaksin tahap pertama. Dan dari angka tersebut baru 7,18 juta orang atau 17,8 persen yang telah mendapatkan vaksinasi tahap ke dua,” ungkapnya. 

Bambang mennambahkan untuk menghadapi covid dengan berbagai dampaknya, yang dibutuhkan saat ini adalah sikap solidaritas dan kebersamaan. Dalam konsepsi ini, kepedulian dunia usaha terhadap kondisi lingkungan masyarakat dan di sekitarnya adalah manifestasi nyata dari wujud solidaritas dan kebersamaan tersebut. Sekaligus merupakan implementasi dari nilai nilai luhur bangsa yang menjunjung tinggi nilai gotong-royong dan saling bahu membahu antara sesama anak bangsa. 

Sokap positif ini seharusnya menjadi modal fundamental membangun optimisme kolektif segenap elemen kebangsaan untuk bangkit kembali dari keterpurukan yang terjadi akibat covid-19.

Oleh karena itu Bamsoet berharap anugerah ini dapat menjadi momentum penting untuk menggugah kembali rasa solidaritas kepedulian para pelaku usaha terhadap kondisi lingkungan sosial kita. 

“CSR memiliki peran penting dalam pembangunan atau membangun kesadaran atau mendorong  partisipasi para pelaku usaha, untuk menyelengarakan aktifitas perekonomian tanpa melupakan partisipasi dan kontribusi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Karena pada hakikatnya perusahan  memiliki tanggung jawab tidak hanya  kepada pemegang saham melainkan juga terhadap masyarakat atau lingkungan,” cetusnya. 

“Melalui penganugerahan ini mari kita satukan langkah dan bulatkan tekad untuk bangkit bersama. Semoga menjadi penyemangat lainnya untuk melakukan langkah-langkah inovatif dalam menjalankan tanggung jawab sosial,” papar Bamsoet. 

Pemimpin Redaksi Teropong Senayan Rihad Wiranto mengapresiasi semua sponsor yang mendukung penyelenggaraan acara TCA 2021. 

"Saya secara pribadi ucapkan selamat kepada para pemenang CSR Award 2021. Perusahaan yang belum mendapatkan penghargaan ini, semoga bisa menerima pada kesempatan lain," kata Rihaf.

Sebelum hari puncak TCA Award 2021, proses panjang telah dilakukan oleh tim juri yang diketuai oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Perusahaan-perusahaan dijaring menggunakan metode crawling data dengan meriset sejumlah pemberitaan dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Selain itu kajian riset juga didasarkan pada desk riset, media insight, dan review dari juri TCA Award 2021. 

Beberapa data yang terkumpul kemudian dijadikan indikator untuk kategori penghargaan, hingga ditentukan perusahaan yang berhak memperoleh predikat Teropong CSR Award 2021.

Pada hari puncak penganugerahan Teropong CSR Award 2021, terdapat 11 perusahaan yang berhasil memenangkan dan dinilai memiliki kualitas penilaian tertinggi. Para pemenang tersebut adalah :

Peduli Sosial 
PT Jasa Raharja (Persero) 
PT Wahana Ottomitra Multiartha (WOM) Finance Tbk

Peduli Bencana 
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
PT Bank DKI

Peduli Covid-19
PT Asuransi Allianz Life Indonesia
PT Jakarta Experice Board
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
PT Jasa Raharja (Persero) 
PT BNI Life Insurance
PT Hutama Karya (Persero)
PT Wahana Ottomitra Multiartha (WOM) Finance Tbk

Peduli Lingkungan 
PT Bank DKI
PT Hutama Karya (Persero)

Peduli UMKM
PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel)
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
PT Pertamina (Persero)
PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk

Peduli Digital Learning
PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel)
PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk

Peduli Pendidikan 
PT Pertamina (Persero)
PT Hutama Karya (Persero)