Presiden Joko Widodo Gelar Silaturahmi dengan Keluarga KRI Nanggala-402

MUS • Thursday, 29 Apr 2021 - 15:09 WIB

Surabaya - Presiden Joko Widodo hari ini melakukan pertemuan dengan keluarga awak KRI Nanggala 402 yang gugur bersamaan dengan kapal selam tersebut di perairan utara Bali. Pertemuan tersebut berlangsung di Hanggar Pangkalan Udara TNI AL ( Lanudal) Juanda Sidoarjo. 

Kepada keluarga awak KRI Nanggala 402, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa pemerintah akan memberikan penghargaan kepada para prajurit yang menjadi awak KRI Nanggala. Selain itu terhadap keluarga awak KRI Nanggala 402, Presiden menyampaikan akan juga membantu kehidupannya khususnya memberikan jaminan pendidikan terhadap anak - anak para prajurit hingga jenjang  tinggi. 

"Pemerintah akan memberikan penghargaan berupa kenaikan pangkat satu tingkat atas jasa dan pengorbanan para prajurit kepada negara.. Kita juga sampaikan untuk putra dan putri dari ibu sekalian akan diatur negara untuk bisa sampai kuliah di perguruan tinggi," ujar Presiden Jokowi. 

Dalam silaturahmi tersebut,  Presiden kembali menyampaikan duka cita yang mendalam atas gugurnya 53 awak KRI Nanggala 402

"Atas nama negara,  atas nama pemerintah, atas nama rakyat saya sampaikan duka cita yang mendalam atas gugurnya para patriot KRI Nanggala 402. Semoga arwah beliau-beliau diterima di sisi Nya dan diberikan tempat terbaik serta diampuni dosa-dosanya," lanjut Presiden Joko Widodo. 

Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan keluarga KRI Nanggala 402 diliputi rasa haru yang mendalam. Apalagi foto para prajurit KRI Nanggala 402 terpajang berderet di Hanggar Lanudal. Isak tangis para istri prajurit mewarnai pertemuan tersebut.  Namun demikian mereka mengaku senang bersua langsung Presiden Joko Widodo yang menjamin kelangsungan hidup mereka. 

"Senang bisa bertemu dengan Pak Presiden yang begitu luar biasa memberikan perhatian kepada kami," ujar salah satu istri dari awak KRI Nanggala 402 sembari berurai air mata. (Her)