Resmi Kantongi Izin Pakai dari BPOM, Tingkat Kemanjuran Sinopharm Capai 78%

MUS • Friday, 30 Apr 2021 - 11:06 WIB

Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM) mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin Sinopharm buatan China National Pharmaceutical Group. Rencananya vaksin ini akan dipakai dalam program vaksinasi gotong royong yang didistribusi oleh Kimia Farma.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala BPOM Penny Lukito dalam konferensi pers digital, Jumat (30/4/2021). Menurut Penny, izin penggunaan darurat terbit  pada 21 April 2021. Sehingga vaksin Sinopharm yang dijadwalkan tiba siang ini, sudah siap untuk digunakan.

"Berdasarkan evaluasi secara keseluruhan data mutu, produksi dari studi disimpulkan pemberian vaksin SARS CoV-2, inactivated Sinopharm dua dosis selang penyuntikan 21 hari hingga 28 hari di toleransi dengan baik, respons untuk meningkatkan imun dengan baik," ujar Penny Lukito.

Berdasarkan uji klinis fase tiga di Uni Emirat Arab yang melibatkan 42 ribu relawan, efikasi vaksin Sinopharm mencapai 78%. Adapun pengukuran imunogenitas setelah 14 hari pemberian dosis kedua memiliki netralitas 99,52 persen pada dewasa dan 100 persen pada lansia.