Hari Pendidikan Nasional 2021, JSIT Indonesia: Syukuri Capaian, Teruskan Perjuangan

MUS • Sunday, 2 May 2021 - 12:52 WIB

Jakarta - Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia memberikan apresiasi terhadap sejumlah capaian dan kinerja yang telah dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021, Ahad (02/05).

Ketua Umum JSIT Indonesia, Dr. Mohammad Zahri, mengatakan apa yang sudah dilakukan Kemendikbud, dengan berbagai program dan langkahnya untuk memajukan pendidikan di Indonesia perlu diapresiasi.

"Siapa pun pasti menginginkan pendidikan di negeri yang kita cintai ini menjadi lebih baik. Termasuk Kemendikbud sejak menteri pendidikan zaman orde baru, hingga mas menteri pendidikan yang saat ini, diyakini sudah membuat berbagai program dan langkah untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan yakni mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai tercantum dalam UUD 1945. Melalui tujuan itu, semua stakeholder pendidikan baik di tingkat kementerian, dinas pendidikan propinsi dan kota labupaten, perguruan tinggi,  sekolah, guru hingga wali murid, terus bersinergi, bahu membahu, mengerahkan segala pikiran dan tenaga untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Hasilnya seperti yang kita bersama hari ini, SDM bangsa Indonesia semakin unggul sehingga dapat memacu berbagai sektor kehidupan bangsa dan negara bergerak lebih maju.  

Apakah cukup sampai disini? tentu saja tidak. Upaya apalagi yang harus dilakukan?," papar Zahri.

Pria asal Surabaya ini menambahkan, untuk mewujudkan pelajar dan peserta didik yang berkualitas sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang diharapkan pendiri bangsa, Kemendikbud juga telah mencanangkan Profil Pelajar Pancasila dimana di dalamnya memuat karakter beriman, bertaqwa, berakhlaq mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, bergotongroyong, dan berkebhennikaan global.  

Sudah sejak dulu hingga kini mata pelajaran seperti PKn, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama, ekstrakurikuler Pramuka wajib ada dijenjang SD, SMP, SMA, bahkan hingga ke perguruan tinggi.  Hal ini terbukti ampuh mempertahankan NKRI, walaupun berbagai tantangan datang silih berganti.  

Apakah cukup sampai disini? tentu saja tidak. Upaya apalagi yang harus dilakukan?

"Pemerintah melalui Kemdikbud telah berjuang untuk mewujudkan amanat  Pasal 31 UUD 1945 melalui berbagai macam kebijakan pendidikan di semua level dengan menghasilkan berbagai kebijakan. Kebijakan tersebut yang menjadi dasar bagi semua WNI untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran yang layak, dengan biaya dan anggaran yang disediakan Pemerintah sebagai pemangku kebijakan. 

Bagimana hasilnya, dan  upaya apa yang harus dilakukan?," pungkas Doktor lulusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Surabaya ini.

Bergantinya nama Kementrian, imbuhnya, mulai dari Menteri Pengajaran sejak awal dipimpin oleh Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara, hingga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) saat ini yang dipimpin Mas Menteri Nadiem Makarim, dengan berbagai bentuk dan kompetensinya masing-masing. Pergantian menteri pendidikan dengan latar belakang kompetensi yang berbeda-beda, juga bagian dari ikhtiar untuk menghasilkan pendidikan yang berkualitas. Berbagai konsep dan kebijakan pendidikan telah dilakukan dengan baik sesuai periode dan masa kepemimpinannya.

Bagaimana hasilnya?  dan upaya apa yang harus dilakukan?

"Pergantian bentuk dan nama Kementerian juga menyesuaikan  pada bergantinya kurikulum pendidikan, model implementasi mulai RSBI, akselerasi, pendidikan vokasi, serta sekolah rujukan. Disamping itu, berbagai program mulai Akreditasi Nasional dan Internasional, Sertifikasi Guru atau Tenaga Pendidik, Diklat atau Training Tenaga Pengajar, Pelatih Ahli, Organisasi Penggerak dan Guru Penggerak, Beasiswa Guru dan Kepala Sekolah Berprestasi, Bidik Misi bahkan untuk mengakses pendidikan di daerah terpencil Kemendikbud mencanangkan Program 3 T untuk wilayah tertinggal, terdepan dan terluar. Lalu, upaya apa yang harus dilakukan ?," urai Zahri.

Mohammad Zahri melanjutkan bahwa untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas saat ini Kemendikbud Ristek membuat sebuah Peta Jalan Pendidikan Nasional guna mewujudkan Merdeka Belajar  dan Kampus Merdeka.

Setiap program dan kebijakan telah menambah kemajuan dibidang pendidikan dari masa ke masa, dan sudah banyak hal yang telah dicapai dalam setiap dekade waktu tersebut. Apakah ini telah mencerminkan bahwa cita-cita kemerdekaan dibidang pendidikan telah tercapai?  Tentu saja belum, karena hingga hari ini Indonesia masih tergolong sebagai negara berkembang, belum menjadi suatu negara maju, sejajar dengan bangsa-bangsa lain yang telah mencapainya. Untuk itu pada semua pihak, mari teruslah berjuang, dan upaya apalagi yang harus dilakaukan? (Jak)