Tunjukkan Geliat Ekonomi, Penambahan Daya Listrik Pelanggan Tegangan Menengah Capai  94,9 MVA

MUS • Tuesday, 11 May 2021 - 10:55 WIB

Surabaya – PLN telah berkomitmen untuk terus melayani kebutuhan listrik seluruh pelosok negeri mulai dari rumah tangga, sosial, bisnis dan industri. Di masa pandemi ini, berbagai upaya telah dilakukan oleh PLN dalam mendukung pemerintah mewujudkan pemulihan ekonomi nasional seperti pelaksanaan pengawalan penyaluran stimulus listrik dari pemerintah untuk pelanggan 450 VA dan 900 VA bersubsidi, program electrying lisfestyle & agriculture, peningkatan pelayanan melalui PLN Mobile & Contact Center 123 hingga kemudahan mendapatkan listrik melalui berbagai promo layanan menarik

“Berbagai program ini dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan dari berbagai daya & golongan tarif, baik tegangan rendah, menengah maupun tinggi. Harapannya ini mampu mendongkrak penggunaan tenaga listrik yang dapat dikatakan sebagai salah satu indikator adanya geliat ekonomi,” jelas Fintje Lumembang, Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan, PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur.  

Fintje memaparkan, di wilayah Jawa Timur sendiri, peningkatan penggunaan tenaga listrik mulai menampakkan geliatnya. Kategori pelanggan tegangan menengah misalnya, hingga minggu pertama bulan Mei 2021 ini, sejumlah 88 pelanggan telah melakukan pasang baru dan tambah daya dengan total daya hingga 94,9 MVA. Diantaranya yang terbaru adalah PT. Cort Indonesia, pelanggan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mojokerto yang melakukan tambah daya dari  1.110 kVA ke 2.180 kVA.

“Untuk kategori pelanggan tegangan menengah, penambahan pelanggan maupun daya didominasi tariff bisnis dan industri. Di awal Mei 2021 ini, ada penambahan 10 pelanggan dengan total daya 11.471 kVA. Hal ini menunjukkan perbaikan dibanding dengan tahun lalu,” imbuh Fintje. Kedepannya, penambahan ini diprediksi dapat bertambah, tak hanya pelanggan tegangan menengah namun merata dari rendah hingga tinggi.

Mendukung berbagai program yang tersedia dan pemenuhan kebutuhan listrik di Jawa Timur, saat ini Jawa Timur disokong oleh daya mampu sebesar 9.217 MW dengan beban puncak 5.542 MW dan cadangan daya 2.786 MW. Dengan kondisi daya yang cukup, PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur berkomitmen untuk memberikan pelayanan listrik yang handal dan terjaga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. (Her)