Sri Sultan Luncurkan Gerakan Indonesia Raya Bergema

MUS • Thursday, 20 May 2021 - 13:32 WIB

Yogyakarta - Bersamaan dengan momentum Hari Kebangkitan Nasional Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X meluncurkan Gerakan Indonesia Raya Bergema. Kamis (20/05) mulai pukul 08.45 - 10.30 WIB dari Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Seremonial pencanangan dilakukan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang diiringi Abdi Dalem Musikan Keraton Yogyakarta dari Bangsal Mandalasana, Keraton Yogyakarta.

Pelaksanaannya telah diatur melalui Surat Edaran Gubernur DIY No.29/SE/V/2021, yang dikeluarkan pada 18 Mei 2021. Ajakan untuk mengumandangkan lagu Indonesia Raya secara kontinu di ruang publik sebagai kampanye berkelanjutan untuk mengobarkan nasionalisme rakyat Indonesia dilandasi Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. 

“Momentum hari ini sejatinya ingin menggugah ingatan kita, bahwa Indonesia Raya membuat kita untuk bangkit-gumrégah dengan amalan “Bangunlah-Jiwanya, Bangunlah-Badannya”. Dimana bersemayam Geest atau Ruh yang mampu memperteguh Semangat Kebangsaan dalam membangun “Indonesia Raya” yang maju dan bermartabat,“ ujar Sri Sultan.

Ia menambahkan, "Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini kita tandai dengan olah-kebangkitan yang inspiratif, bukan yang karikatif. Dengan menyadari, bahwa dulu bangsa ini dibangkitkan dari alam tidur oleh Fajar-Asia. Kini, saat kita berselancar di Era Digital, selain dibangkitkan oleh disrupsi teknologi, juga harus diwaspadai, bahwa peradaban baru ini pun juga terbawa oleh intervensi Covid-19“.

Lagu Kebangsaan Indonesia Raya juga dinyanyikan serentak di seluruh kantor organisasi perangkat daerah DIY dan Kabupaten Kota serta sejumlah tempat lainnya.

Dari Kraton Yogyakarta hadir penghageng Kawedanan Hageng Punakawan Kridhomardowo KPH. Notonegoro, Kadipaten Pakualaman tampak BPH. Kusuma Bimantara, Pasar Beringharjo hadir Wali Kota Yogyakarta Hariadi Suyuti. 

Untuk keterwakilan lembaga pendidikan diikuti pelajar SMA Negeri 1 Pakem  Muhammad Anas dan Rektor Universitas Atmajaya Yogyakarta Prof. Yoyong Arfiadi. Menko Pulhukam Mahfud MD dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga menyatakan mendukung penuh gagasan Gubernur Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk mengajak seluruh warga menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Rangkaian pencanangan Indonesia Raya Bergema diakhiri dengan penampilan lagu-lagu perjuangan yang bawakan oleh abdi dalem musikan dari Bangsal Mandalasana Keraton Yogyakarta. (Ron)