Pameran Virtual Sebagai Solusi Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru di Tengah Pandemi

FAZ • Wednesday, 26 May 2021 - 15:46 WIB

Jakarta - Pandemi Covid-19 telah mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia, mulai dari sektor ekonomi, sosial, budaya dan pariwisata, hingga sektor pendidikan. Dalam dunia Pendidikan tinggi, pandemi juga telah mengubah secara revolusioner seluruh elemen pada aktivitas tridharma, khususnya pada Perguruan Tinggi Swasta dalam masa penerimaan mahasiswa baru.

Bulan September 2021 mendatang merupakan awal tahun ajaran baru bagi mahasiswa. Dimana sebelumnya, calon mahasiswa yang ingin kuliah, terutama di Provinsi D.K.I Jakarta, akan mencari Kampus terbaik dengan berbagai disiplin ilmu yang sesuai dengan kebutuhan kompetensi di masa mendatang. Maka calon mahasiswa akan sangat membutuhkan informasi yang relevan terkait mutu serta program yang ditawarkan Kampus dengan cara yang praktis, simpel, dan efektif.

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi juga sangat membantu dunia Pendidikan tinggi. Dimana semua informasi dapat diakses di mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja. Maka dari itu, menggelar pameran pendidikan virtual merupakan suatu solusi bagi Perguruan Tinggi swasta yang dinilai tepat.

Gebyar Pameran Pendidikan Tinggi Jakarta (GEMPITA) merupakan buah sinergi dan kolaborasi antara 107 Perguruan Tinggi Swasta terakreditasi di Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya, Digital Omni Akusara, Binus University, Binus Creates dan didukung oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Kemendikbudristek dan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

GEMPITA Virtual merupakan One-stop Platform Jakarta's Higher Education yang dibuka untuk umum dan gratis, diharapkan dapat menjadi solusi bagi calon mahasiswa di seluruh Indonesia. Seperti informasi perkuliahan dan beasiswa dari kampus-kampus terbaik di Jakarta dan sekitarnya, Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, program Vokasi Kuat Menguatkan Indonesia dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, beasiswa KIP Kuliah untuk Pelajar SMA-SMK yang akan lanjut kuliah dari Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek, dan akan hadir juga booth Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kemenkeu.

Kepala LLDikti Wilayah III, Prof. Agus Setyo Budi, M.Sc mengatakan “Pandemi Covid-19 kita jadikan momentum mencari peluang untuk bangkit bersama. Sesama Perguruan Tinggi di wilayah III bukan saatnya lagi bersaing, tapi bersinergi dan berkolaborasi lebih kuat untuk mencari solusi dengan memanfaatkan teknologi. Saya menyambut baik GEMPITA Virtual, dimana kegiatan ini dapat memfasilitasi kebutuhan informasi calon mahasiswa untuk dapat melanjutkan studinya”.

Sejalan dengan hal tersebut, Yahya Farid selaku Project Manager Gempita Virtual mengatakan “acara ini akan menjadi wadah bagi calon mahasiswa serta generasi muda Indonesia untuk mendapatkan informasi perkuliahan, juga bagi perguruan tinggi dalam mempromosikan program dan kegiatan di kampusnya dengan mudah, aman dan nyaman secara online.”

Yahya menambahkan, di GEMPITA virtual juga akan hadir berbagai webinar yang bermanfaat bagi calon mahasiswa dengan narasumber inspiratif yang diselenggarkan setiap hari, mulai 27 Mei – 2 Juni 2021, pukul 09.00 – 17.00 WIB. GEMPITA juga menyediakan fitur live chat, sehingga setiap pengunjung dapat bertanya langsung dengan perwakilan dari setiap booth Perguruan Tinggi.

“Pengunjung hanya tinggal mendaftar di https://gempita.vairbees.com, gratis dan tidak dipungut biaya apapun,” pungkas Yahya.