BGR Logistics Resmikan Mobile Cold Storage Pangkal Pinang, Siap Tampung Hasil Nelayan Lokal

MUS • Wednesday, 26 May 2021 - 18:05 WIB

Pangkal Pinang - PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics meresmikan mobile cold storage di BGR Logistics Divre Pangkal Pinang.

Peresmian tersebut ditandai dengan pemotongan pita yang dilakukan langsung oleh M. Kuncoro Wibowo, Direktur Utama BGR Logistics bersama Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan.

Dalam peresmian tersebut, Kuncoro Wibowo menyampaikan bahwa penyediaan mobile cold storage ini merupakan realisasi dari perjanjian kerjasama dengan BUMD Bangka Belitung yang telah ditandatangani sebelumnya, serta respon cepat BGR Logistics mewujudkan kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung untuk membantu UMKM & masyarakat dalam beberapa hal, termasuk dalam hal ketahanan pangan.

"Mobile cold storage ini dipergunakan untuk menyimpan komoditi ikan segar dan hasil laut lainnya dari nelayan di Bangka Belitung, sehingga hasil laut mereka mendapatkan kepastian pasar dan didistribusikan kembali kepada masyarakat melalui aplikasi Warung Pangan," kata Kuncoro dalam keterangannya, Selasa (25/5/2021).

Selain hasil laut dari nelayan setempat, mobile cold storage ini juga untuk menampung komoditi pangan dari BUMN Klaster Pangan seperti RNI, Berdikari, PPI, Perindo, Perinus, Pertani, Garam, dan Sang Hyang Seri yang membutuhkan ruang penyimpanan berpendingin.

Pemerintah Provinsi Bangka Belitung juga menyediakan foodkios yang akan bergabung menjadi mitra warung pangan, agar semakin banyak mitra warung pangan yang dekat dengan masyarakat untuk mempermudah mereka mendapatkan stok kebutuhan pangan termasuk komoditi ikan segar dan komoditi pangan lainnya dengan mudah dan harga yang stabil.

Dengan adanya mobile cold storage ini, maka sinergi antara BGR Logistics dengan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung dapat ditingkatkan.

"Komoditi ikan segar hasil dari BUMD Bangka Belitung dapat kami serap yang berdampak positif kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bangka Belitung. Nantinya, kegiatan komoditas lokal di Provinsi Bangka Belitung juga dapat dioptimalkan menjadi komoditas ekspor yang menghasilkan devisa sekaligus nilai tambah bagi masyarakat Bangka Belitung," ujar Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan.

Ke depannya mobile cold storage ini akan ada juga di wilayah-wilayah persebaran warung pangan lainnya untuk menjaga stok dan stabilisasi harga komoditi yang membutuhkan penyimpanan berpendingin di wilayah-wilayah tersebut.