Pertama di Indonesia, Sentra Pemulihan Pasca Covid-19 di RS Premier Jatinegara

ANP • Friday, 28 May 2021 - 23:33 WIB

Jakarta - Berdasarkan data dari berbagai sumber 63,5 % pasien penyintas Covid, masih menunjukkan gejala pasca covid yang sangat mengganggu, seperi batuk, jantung berdebar, sulit tidur, kehilangan nafsu makan, hilang sensasi penciuman, merasa lemas, sampai kepada masalah medis yang serius. Kondisi ini diketahui awam sebagai long covid syndrome.

Selain itu, pasien pasca infeksi covid-19 menunjukan gejala sisa yang bervariasi dari gejala simptomatik ringan, hingga disfungsi pernapasan oleh karena berbagai sebab. Bahkan, diperburuk dengan masalah pembekuan darah / kardiovaskular. Gejala pada neurologi pusat / komplikasi perifer, serta gangguan fisik, emosional dan psikologis.

Untuk mengatasi hal tersebut, kini di RS Premier Jatinegara telah dibuka Sentra Pemulihan Pasca Covid-19, untuk penanganan kondisi pasien penyintas/ pascacovid19 secara komprehensif (integrated one stop services), berbasis kebutuhan pasien (personalized patient care), dan ditunjang dengan program rehabilitatif yang memadai.

"Sentra Pemulihan Pasca Covid-19 di RS Premier Jatinegara merupakan yang pertama di Indonesia, dimana para pasien pascacovid19 akan mendapatkan pertolongan yang tepat untuk pemulihan jiwa, raga dan sosial, dan dipersiapkan untuk kembali kepada aktivitas dan produktivitas sediakala, yaitu bekerja, sekolah hingga kegiatan sehari-hari," tegas dr. Ida Bernida Sp.P,FCCP salah satu dokter spesialis paru di RS Premier Jatinegara, dalam acara pembukaan Sentra Pemulihan Pasca Covid-19 di Jakarta, Jumat (28/5/2021).

Sementara itu, Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi RS Premier Jatinegara, dr. Yaya Sudibyo Sp.KFR mengatakan, Sentra Pemulihan Pasca Covid-19, pasien akan ditangani oleh tim dokter spesialis multidisipliner, sesuai kebutuhan pasien. Salah satunya yang berperan penting juga adalah dokter spesialis rehabilitasi medik.

"Rencana terapi atau latihan yang diberikan kepada pasien sembuh covid 19 / penyintas akan dirancang secara personalized, mulai dari latihan uji kapasitas fungsional (Sit to Stand test, dll), uji fungsi otot pernapasan, uji kekuatan otot dan ekstremitas. Latihan fisik nya sendiri akan kita berikan secara tailor made, sesuai kebutuhan pasien. Mulai dari peregangan , pernapasan, aerobic dan penguatan ," katanya.

Menurut Psikolog, Dr.Anastasia Sri Maryani, Mpsi, kondisi psikologis pasien pun tidak luput dari perhatian dimana, orang yang sembuh dari infeksi virus Covid-19, berpotensi mengalami guncangan dan gangguan mental serius. Mulai dari kecemasan, sampai kepada depresi dan berbagai masalah mentla lainnya. "

Beberapa layanan psikolog yang disediakan didalam sentra pemulihan pascacovid antara lain, konseling, meditasi / relaksasi, supportive lainnya, makanan berimbang, vitamin," tambahnya.

Penanganan secara terpadu yang disediakan dalam Sentra Pemulihan Pasca Covid-19 ini kami hadirkan untuk para penyintas covid19 dimanapun berada di Indonesia. Jam pelayanan di awal akan dibuka setiap hari Senin, Rabu & Jumat pkl 15.00 wib sd 18.wib, kemudian akan disesuaikan dengan kebutuhan pasien yang datang.

"Kami percaya jika para penyintas / pasien sembuh covid dibantu untuk dapat mengoptimalkan kondisi nya sehingga dapat kembali aktif dan produktif  lewat sentra pemulihan ini , tentunya akan berdampak pada pemulihan ekonomi di Republik Indonesia dengan bermakna. Semakin cepat Indonesia pulih dari pandemi, semakin cepat Indonesia maju," tegas dr. Levina Avissa, selaku Manajer Operasional Rs Premier Jatinegara. (ANP)