Kendari Triathlon Series 2021 Berlangsung Sukses dengan Prokes Ketat

MUS • Saturday, 29 May 2021 - 14:48 WIB

Kendari - Kendari Triathlon Series 2021 berlangsung sukses walau diselenggarakan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat, tapi tidak menyurutkan antusias masyarakat untuk menyaksikan secara langsung maupun secara virtual. Event ini diselenggarakan di kawasan teluk tepatnya di Kendari Beach, Sabtu (29/05/2021).

Pada kesempatan itu Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir dalam sambutannya menyampaikan seluruh jajaran Pemerintah Kota Kendari berterimakasih dan bangga kepada Menteri Parekraf atas dukungannya sehingga Indonesia Triathlon Tahun 2021 series kedua ini bisa diselenggarakan di Kota Kendari. 

"Ini menjadi kehormatan bagi kami sekaligus tanggung jawab untuk bisa melaksanakan event sebesar ini walaupun kita tahu situasi dan kondisi negara kita, termasuk Sulawesi Tenggara dan Kota Kendari kita semua masih berhadapan dengan pandemi Covid-19. Pandemi ini tidak menghentikan langkah kita melakukan hal-hal yang positif, hal-hal yang bermanfaat bagi daerah kita khususnya bagi masyarakat, daerah dan negara kita Indonesia tercinta," ungkap Wali Kota.

Lebih lanjut Wali Kota mengajak kepada semua pihak untuk memanfaatkan event Triathlon series ini sebagai momentum untuk bersama menyatukan tekad menghadapi ujian pandemi covid-19 ini menjadi lebih positif dan bermanfaat, serta membuka agar kota Kendari terus diberikan kepercayaan dari pemerintah pusat untuk menyelenggarakan event-event olah raga seperti yang kita saksikan saat ini.

Sementara itu Gubernur Sultra Ali Mazi menyampaikan ungkapan luar biasa dan memberikan apresiasi kepada Menteri Parekraf dan seluruh yang terlibat atas berlangsungnya event Kendari Triathlon series 2021 ini. "Saya selaku Gubernur dan Pemerintah serta masyarakat Sulawesi Tenggara sangat memberikan apresiasi, mudah-mudahan tahun depan diselenggarakan lagi di Sulawesi Tenggara", ungkap Gubernur.

Lanjut Gubernur, kegiatan Triathlon Series ini sekaligus menjadi ajang mempromosikan wisata Kendari, dan Sultra umumnya. Event ini dapat dijadikan momentum silaturahmi sekaligus menjadi wadah kompetisi yang sehat dan dinamis serta melahirkan prestasi.

Akhirnya Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno melalui Zoom membuka secara resmi dan melepas peserta lomba untuk bertanding. "Sudah tidak sabar untuk mengikuti event ini, walau secara virtual melakukannya di Jakarta, dengan memohon dan mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT, mari kita mulai Kendari Triathlon series 2021 dengan ucapan Bismilah hirohmannirohim mari kita mulai," ucap Sandiaga.

Diketahui multievent ini merupakan kerjasama pemerintah Kota Kendari, dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang menyelenggarakan kegiatan olahraga triathlon tingkat nasional yang diberi nama Kendari Triathlon 2021.

Lomba Triathlon yang bertempat di Teluk Kendari mempertandingkan tiga jenis lomba, yaitu berenang sejauh 750 meter, balap sepeda sejauh 20 km, dan lari sejauh 5 km .

Kendari Triathlon 2021 sengaja dipusatkan di area Vanue Kendari Beach dan dimana event ini sangat istimewa karena di daerah lain mungkin sulit melaksanakan tiga kegiatan sekaligus di satu lokasi. Ada 48 Peserta yang mengikuti lomba dan didominasi dari atlet lokal Kota Kendari. (HenQ)