ART Apresiasi Kejaksaan Dalam Seleksi Kajati Provinsi 

MUS • Thursday, 3 Jun 2021 - 19:40 WIB

Jakarta - Anggota Komite 1 DPD RI, Abdul Rahman Thaha, mengapresiasi kinerja kejaksaan yang sudah berjalan. Menurutnya kaderisasi jaksa telah berjalan dengan baik. 

"Saya sangat mengapresiasi apa yang telah di lakukan oleh Kejaksaan Agung Republik Indonesia, sampai hari ini, banyak perubahan dan melahirkan para kader-kader Jaksa yang berintegritas dan paham akan hukum. Mulai dari penegakan hukum, hingga kedepan hukum bisa memenuhi rasa keadilan oleh masyarakat," ujar anggota DpD asal Sulteng ini.

Kinerja yang baik ini tak lepas dari pembenahan di tubuh internal kejaksaan. Tapi munculnya para jaksa yang berintegritas ini juga tak lepas dari pemikiran Jaksa Agung  ST Burhannudin dan Wakil Jaksa Agung Setia Untung Ari Muladi.

Salah satu pola keterbukaan perekrutan assement para jaksa dinilai sangat baik.

Publik bisa menyaksikan assement dan bisa melihat bobot/bibit dari para calon pimpinan jaksa yang akan ditempatkan di daerah.

Menurut ART, yang juga doktor lulusan hukum, Jaksa sebagai garda terdepan penegakan hukum di wilayah propinsi, perlu mendapatkan perhatian.

"Kepala kejaksaan tinggi merupakan jabatan stategis yang perlu dilakukan seleksi dalam rangka pengisiannya," kata dia. 

Menurut ART, seleksi untuk menduduki jabatan Kepala Kejaksaan Tinggi secara terbuka, membuktikan komitment dan keseriusan Jaksa Agung dan Wakil Jaksa Agung dalam membangun sistem jenjang karier yang akuntabel, guna mewujudkan visi dan misi Kejaksaan dalam membangun kualitas sumber yang berkualitas dengan pola transparan dan terbuka untuk publik, apalagi ditayangkan secara langsung proses assementnya. (Jak)