Elektabilitasnya Tertinggi, Prabowo Capres 2024 Pilihan Wong Cilik

MUS • Saturday, 5 Jun 2021 - 14:20 WIB

Jakarta - Dalam Survei Nasional Parameter Politik Peta Politik Nasional menuju Pilpres 2024 yang dirilis pada Sabtu (5/6/2021) disebutkan ada tiga kandidat terkuat di Pemilihan Presiden (Pilpres) Pemilu 2024 yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Di antara ketiganya elektabilitas Prabowo masih menempati posisi teratas.

Direktur Eksekutif Parameter Politik, Adi Prayitno menyebutkan setiap Calon Presiden (Capres) memiliki karakteristik keunggulan masing-masing.

"Ganjar Pranowo kuat dan mendominasi di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan sebagian Jawa Timur. Sedangkan Anies Baswedan sama dengan Prabowo, kuat di Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta," ujar Adi Prayitno dalam diskusi secara daring.

Dengan Pulau Jawa yang meliputi 57,2% terbagi menjadi dua wilayah, Adi Prayitno meyakini kontestasi diantara ketiga calon Presiden tersebut.

"Prabowo Subianto memiliki suara yang lebih merata karena dia sebelumnya mengikuti Pilpres 2019 dengan Sandiaga Uno. Ganjar Pranowo cenderung dominan kuat di sekitar Jawa Tengah," kata Adi Prayitno.

Sedangkan untuk Anies Baswedan memiliki karakteristik kuat di sekitar DKI Jakarta (Jawa Barat dan Banten).

"Secara sosiologis Prabowo cenderung dipilih oleh masyarakat berpenghasilan dan berpendidikan rendah. Sedangkan Anies Baswedan dipilih masyarakat berpendidikan tinggi, memiliki medsos, dan terkonsentrasi lebih dari 50% pemilih PKS. Sementara Ganjar Pranowo didukung PDIP PKB, Nasdem dan PSI," ungkap Adi Prayitno.

Survei Nasional Parameter Politik Peta Politik Nasional menuju Pilpres 2024 dilakukan pada 23-28 Mei 2021 diikuti 1.200 responden melalui survei telepon dengan margin of error survei sebesar ± 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.