PMI Bantu Pengungsi Etnis Rohingya yang Terdampar di Aceh Timur

MUS • Saturday, 5 Jun 2021 - 18:47 WIB

Aceh Timur - Untuk membantu 81 pengungsi etnis Rohingya yang terdampar di wilayah Kec. Simpang Ulim, Kab. Aceh Timur, Provinsi Aceh, Palang Merah Indonesia (PMI) mengirimkan bantuan berupa selimut sebanyak 100 buah, masker kain 1000 buah, pakaian 200 buah serta baju hazmat sebanyak 50 buah dan sarung tangan sebanyak 100 buah.  

Bantuan ini dikirimkan melalui Bandara Halim Perdanakusuma, yang nantinya akan diteruskan langsung ke Aceh timur. PMI Provinsi Aceh dan PMI Kab. Aceh Timur sebelumnya juga telah mengirimkan bantuan berupa kelambu, terpal, selimut dan kain sarung serta sejumlah relawan untuk melakukan asesmen awal. 

Fauzi Husaini, Kepala Unit Pelayanan PMI Provinsi Aceh mengatakan, “sebagai respon awal kami mengerahkan relawan serta bantuan berupa kelambu, terpal dan sarung untuk membantu pengungsi etnis Rohingya yang terdampar di wilayah Aceh Timur.” Katanya. 

“Kami selanjutnya akan berkoordinasi dengan pihak pemerintah Daerah Kab. Aceh timur untuk respon lebih lanjut. Menurut data dari BPBD Kab. Aceh Timur, sebanyak 81 pengungsi yang terdiri dari; laki laki  22 jiwa, wanita 59 jiwa, anak-anak 11 jiwa, semuanya dalam kondisi yang baik, di lokasi pengungsian juga telah didirikan 2 buah tenda sebagai tempat pengungsian sementara,” tambahnya. 

Sebelumnya, 7 September 2020 lalu sebanyak 297 imigran Rohingya ditemukan  terdampar di pantai Ujong Blang kawasan Lhokseumawe.