Komisi VIII DPR RI Dukung Percepatan Perbaikan DTKS Agar Lebih Tepat Sasaran

FAZ • Monday, 7 Jun 2021 - 22:40 WIB

Jakarta –  Komisi VIII DPR RI mendukung upaya percepatan dan perbaikan data yang dilakukan oleh Kementerian Sosial RI.

Hal itu terungkap dalam Rapat kerja Komisi VIII DPR RI dengan Menteri Sosial (Mensos) dengan agenda Pembahasan Data Kemiskinan Terbaru Kemensos RI dengan kesimpulkan sebagai berikut.

Pertama, Komisi VIII DPR RI bisa memahami bahwa penjelasan Mensos mengenai data penerima manfaat yang termasuk Data Terpadu Kesejahteran Sosial (DTKS) karena bertujuan agar tidak ada lagi bantuan yang tumpang tindih.

Kedua, Komisi VIII DPR RI mendukung Mensos dalam merapikan dan memastikan bahwa DTKS yang baru banar-benar valid dan menjadi rujukan bagi semua penyaluran program bansos agar tepat sasaran.

Ketiga, Komdisi VIII DPR RI meminta Mensos untuk selalu menginformasikan dan mengkoordinasikan mengenai perkembangan verifikasi dan validasi DTKS yang baru kepada Komisi VIII DPR RI.

Keempat, Komisi VIII DPR RI meminta Mensos untuk menyususn peraturan dan pedoman tentang mekanisme verifikasi dan validasi data dari masyarakat.

Rapat kerja dihadiri oleh pimpinan Komisi VIII DPR H Yandri Susanto dan Mensos Tri Rismaharini Masa Persidangan V Tahun Sidang 2020-2021, di Wisma Sekretariat DPR RI, Cisarua, Bogor, Senin (7/6/2021) malam.