Panglima TNI Tinjau Vaksinasi di Bandung, Ingatkan Warga Disiplin Prokes

MUS • Thursday, 10 Jun 2021 - 13:44 WIB

Bandung - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito meninjau serbuan vaksinasi di Grand Ballroom Sudirman, Bandung, Jawa Barat, Kamis (10/6/2021) pagi. Sebanyak 5.000 orang yang berasal dari area Bandung dan sekitarnya divaksin di sini. 

"Serbuan vaksinasi ini diharapkan dapat mempercepat pencapaian herd immunity sehingga program pemerintah ke depan dapat terwujud dengan cepat dan baik, menuju Indonesia sehat Bebas Covid-19," kata Panglima TNI. 

Adapun vaksinator yang bertugas untuk vaksinasi terdiri atas 80 orang dari TNI AD, 20 vaksinator dari TNI AU dan 80 vaksinator dari Polri. Total 180 vaksinator. 

Saat peninjauan, Panglima TNI juga berdialog dengan masyarakat yang melaksanakan vaksinasi. Dia mengingatkan warga untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19 untuk mengantisipasi penyebaran virus itu. Dengan menerapkan protokol kesehatan, berarti kita peduli terhadap, keluarga, lingkungan dan diri sendiri. 

"Bapak Ibu yang telah melaksanakan vaksinasi harus tetap harus melaksanakan disiplin protokol kesehatan. Selalu memakai masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak. Karena itulah senjata yang paling ampuh untuk mencegah penyebaran Covid-19," kata Panglima TNI. 

Dari pantauan, masyarakat Bandung dan sekitarnya terlihat antusias untuk menerima vaksinasi yang akan digelar selama dua hari itu.

Diketahui, pandemi Covid-19 yang melanda hampir di seluruh belahan dunia sejak akhir tahun 2019 dan hingga saat ini belum juga berakhir. Covid-19 dinyatakan terkonfirmasi di Indonesia sejak awal Maret 2020. 

Sejak awal kemunculannya di Indonesia, TNI terus bergerak untuk membantu pemerintah. Diawali dengan penjemputan WNI ke Wuhan, lalu dengan cepat menyiapkan fasilitas-fasilitas kesehatan dan rumah sakit (RS) darurat khusus Covid-19 beserta tenaga kesehatannya.

Tak hanya itu, TNI mendistribusikan alat kesehatan ke berbagai provinsi. Hingga kini, TNI melaksanakan penegakan disiplin protokol kesehatan melalui Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.