UKI Ajak Siswa SMA Mengenal Mikroskop, Pembuatan Preparat dan Pembuatan Herbarium

ANP • Friday, 11 Jun 2021 - 12:13 WIB

JAKARTA - Akademisi Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI memberikan edukasi mengenai penggunaan mikroskop, pembuatan preparat dan pembuatan herbarium.

“Kita bisa melihat sel dengan jelas dengan menggunakan alat yang namanya mikroskop. Ada mikroskop cahaya, mengambil cahaya langsung dari sinar matahari atau lampu. Sekarang ada juga anak-anak SMA dan SMP yang menggunakan mikroskop cahaya yang bersumber dari listrik,” ujar  Akademisi UKI Fajar Adinugraha, S.Pd., M.Pd, dalam video yang ditayangkan secara virtual melalui Youtube https://youtu.be/3gO7MdlZZPM

Fajar Adinugraha, menjelaskan bahwa penggunaan mikroskop dan pembuatan herbarium menjadi salah satu bentuk keterampilan yang dapat diperoleh siswa melalui pembelajaran Biologi. Dengan terampil menggunakan mikroskop dan membuat herbarium, siswa mampu mengenal beberapa keanekaragaman hayati melalui pengamatan dan pengelompokkan tumbuhan atau makhluk hidup lainnya.

Sosialisasi ini merupakan bagian dari Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilaksanakan di SMA Ignatius Slamet Riyadi, Kelurahan Cijantung, Kecamatan Pasar Rebo, Kota Jakarta Timur, pada tanggal 7 Juni 2021.

“Dosen bersama mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Kristen Indonesia melaksanakan  Pengabdian kepada Masyarakat ini sebagai wujud menciptakan visi misi Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI, yaitu berkaitan dengan pendidikan lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati,” tutur Akademisi UKI, Riska Septia Wahyuningtyas, M.Pd

Pada kegiatan PkM kali ini, Prodi Pendidikan Biologi menyerahkan beberapa alat kepada pihak SMA Ignatius Slamet Riyadi, untuk menambah kelengkapan laboratorium, seperti mikroskop cahaya listrik, rangka, alkohol, buku referensi, dan charta.

Penyerahan dilakukan oleh perwakilan prodi Pendidikan prodi Pendidikan Biologi UKI yang diterima langsung oleh Kepala Sekolah SMA Ignatius Slamet Riyadi, St. Waluyo Budi Utomo, M.Pd.

PkM diakhiri dengan foto bersama Fajar Adinugraha, S.Pd., M.Pd, Riska Septia Wahyuningtyas, M.Pd, Adisti Ratnapuri, S.Pd., M.Pd, Sidney Natasha (mahasiswa UKI), Luther Jonathan (mahasiswa UKI), Ardelia Puspita (Mahasiswa UKI), Kepala sekolah SMA Ignatius Slamet Riyadi, Wakil Kepala Sekolah Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan, dan pengajar Biologi, Bu Fitri.

Sosialisasi dilakukan menggunakan media youtube yang diakhiri dengan pengisian angket untuk mengetahui sejauh mana keefektifan sosialisasi.

Sosialisasi dapat disaksikan melalui akun youtube https://youtu.be/3gO7MdlZZPM. (ANP)